Cara Membuat Gambar Bergerak (GIF) dengan Photoshop

0
67

Hai kawan-kawan para desainer,kali ini saya akan berbagi cara membuat gambar bergerak yaitu dengan format GIF. GIF adalah salah satu dari banyaknya format gambar (seperti JPEG, PNG, dan lainnya). Keunggulan dari format GIF adalah selain ukurannya yang kecil adalah kita bisa membuat gambar bergerak dengan format ini. Untuk membuat gambar bergerak di photoshop merupakan cara yang mudah untuk membuat gambar dengan format jenis ini.

Dan berikut adalah tutorial lengkap cara membuat gambar bergerak dengan format .GIF menggunakan Adobe Photoshop.

Langkah Pertama

Kita buat halaman kerja baru menggunakan menu File->New atau bisa juga gunakan shortcut Ctrl+N untuk lebih mempermudah. Untuk ukurannya silakan sesuaikan sendiri sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Langkah Kedua

Buat teks atau masukan objek ke dalam halam kerja tersebut. Untuk tutorial kali ini kita buat 1 huruf 1 layer. Supaya lebih mudah saat hide dan unhide untuk dibuat jadi gambar bergerak.

Langkah Ketiga

Buka panel Timelines melalui menu Window->Timeline, jika tidak ada, maka cari Window->Animations dan sejenisnya (karena ada versi photoshop yang berbeda namanya) sedangkan Photoshop yang sedang saya gunakan adalah versi CS 5.1 (64 bit). Kemudian pilih Create Frame Animations.

Langkah Kelima

Pada frame pertama, hide semua layer teks (klik ikon mata).

Langkah Keenam

Buat frame baru di panel Timeline tadi di icon yang seperti new layer. Dan unhide satu layer teks, untuk memunculkan pada frame kedua. Untuk waktu dari satu frame bisa diatur dengan cara klik kanan pada tulisan 5 sec.

Langkah Ketujuh

Ulangi terus langkah keenam yaitu buat frame baru dan unhide layer teks. Hingga hasilnya seperti diatas, Jika sobat ingin membuat gambarnya diputar berulang-ulang, atur menjadi FOREVER.

Langkah Kedelapan

Untuk menyimpan hasilnya, tidak menggunakan menu Save, tapi melalui menu File->Save For Web.

Oke, sekian untuk tutorial cara membuat gambar animasi (GIF) menggunakan Adobe Photoshop,semoga artikel ini dapat bermanfaat.

 

 

Leave a Reply