Hallo ladies and gentlemen, kembali lagi bersama saya (jangan bosen-bosen yak hahaha). Pada cuaca yang cerah siang ini cocok sekali untuk mengedit-edit foto guys hehehe. Mau fotomu diedit dengan gaya geometris ? Tapi kamu bingung dan tidak bisa cara meng-editnya? Nah disinilah saya akan sharing mengenai cara membuat foto dengan gaya geometris menggunakan Adobe Illustrator.

 

 

Cara Membuat Foto Dengan Gaya Geometris Menggunakan Adobe Illustrator :

Hal yang pertama yang harus kita lakukan adalah memilih foto Karena tampilan simetris usahakan foto yang akan kamu gunakan foto close up dari seluruh wajah dan bahu.  

Jika sudah menemukan foto yang tepat, kini saatnya kamu buka Adobe Illustrator buat Dokumen Baru dengan ukuran artboard 600 x 480px.

Kemudain kamu buat beberapa lapisan layer dan beri nama seperti yang ada pada gambar dibawah ini. Pada layer “Background”. Dalam lapisan ini menggambar persegi dengan ukuran yang sama sebagai artboard (600 x 480px) dan mengisinya dengan warna abu-abu.

Mengunci layer “Background” dan “Foto”.
Dalam layer “Sketch” , menggunakan Blob Brush Tool (Shift + B), kamu gambar sketsa menggunakan foto yang telah dipilih sebagai panduan. Mulailah dengan melakukan garis lurus dan menyederhanakan rincian. Misalnya rambut, atau dalam hal ini kacamata seperti octagons, seperti geometri dasar gaya ini.
Setelah mendapatkan sketsa yang sama persis dengan foto asli sekarang kamu hapus layer Foto”.Langkah selanjutnya kamu mengubah Opacity dari sketsa sampai 30% dan mengunci layer “Sketch”.Guys mulailah menggambar dari belakang ke depan menggunakan Pen Tool (P). Dengan Berat Stroke Hitam 1pt, mulailah dari rambut, menggunakan jalur lurus terlebih dahulu.Untuk menggambar bagian baju, buatlah bentuk kemudian Copy (Cmd + C) dan Paste di depan (Cmd + F).Kamu bisa gunakan Reflect Tool (O) dan flip jalan.Pilih kedua jalur menggunakan pilihan Pathfinder> Unite. Kemudian kamu buat leher baju menggunakan Polygon Tool.Masih menggunakan cara yang sama guys membentuk kepala menggunakan Polygon Tool. Menggambar segi delapan terlebih dahulu kemudian pilih atas node. Agar memiliki bentuk yang bagus kamu bisa geser  dengan tombol panah atau disesuaikan dengan Alat Skala.Untuk membentuk wajah bisa mengcopy dari bentuk kepala. Kemudian gunakan Pathfinder> Minus depan pada duplikat lain untuk memangkas bentuk leher.Agar leher tidak nampak kaku kamu bisa menambahkan detil dari duplikat objek yang sebelumnya. Disini saya menduplikat bentuk wajah untuk menambahkan detil bentuk leher. Kemudian duplikat lagi bentuk pangkal leher lalu pilih Pathfinder> Intersect.Agar hasil lebih bagus lagi kamu bisa lebih memperinci sketsa lagi menggunakan Pen Tool (P) dan Shape Tools. Tekan D agar illustrasi mu nampak seperti yang ada di bawah ini guysJangan lupa untuk membentuk kepala, rambut dan bagian wajahmuKini tiba saatnya kita akan membentuk wajah guys ayo semangat buat wajahmu setampan mungkin boy hihihiDisini kita akan mulai dari membentuk bibir, kita bisa mulai dengan bentuk segi enam. Tarik node samping dan menggunakan Perangkat Skala untuk mengubah bentuk. Kemudian menarik segitiga dan menyelaraskan ke pusat.
Gunakan Pathfinder> Minus depan untuk menghapus segitiga dari atas bibir.
Kemudian Copy dan Paste di Depan bibir dan skala bentuk ke tengah untuk menciptakan perpisahan di bibir. Kreasikan node di sisi atas bibir dengan Direct Selection Tool (A).
Lanjut ke mata yuk, mulailah dengan segi delapan. Menggunakan Eraser Tool atau Shift + E, untuk menghapus bagian bawah dari bentuk.
Kemudian, Copy dengan memindahkan jalur dengan tombol Shift + Alt untuk menyalin objek sambil bergerak ke bawah.
Jangan lupa untuk membuat bayangan mata caranya copy bentuk dasar dan menerapkan depan Minus di Pathfinder. Duplikat lagi untuk membuat bulu mata anti badai boy hihi.
Untuk lebih detail lagi, kamu bisa menggambar segi delapan kecil untuk iris kemudian copy bentuk dasar dan mengubahnya untuk membuat kelopak mata bawah.
Langkah selanjutnya mari kita membuat hidung, mulai dengan bentuk segi delapan lagi.
Caranya dengan memodifikasi beberapa node dan menambahkan beberapa jangkar poin untuk mendapatkan bentuk dasar hidung. Kemudian kamu tarik beberapa octagons dan bentuk sederhana lainnya untuk menambah volume dan detail. gunakan Pathfinder
Selanjutnya mari kita membentuk kacamata, kamu bisa gunakan oktagon kemudian dimodifikasi, agar nampak bagus Copy dan Paste di depan dan Skala untuk membentuk rinci. Kemudian menerapkan Minus Front dengan Pathfinder.

Boy and Girl selanjutnya kita buat beberapa kotak kecil dan beri warna sesuai kebutuhan agar memudahkan pekerjaan.
Gunakan Alat Blend (W), caranya klik pada warna cahaya kemudian pada warna yang lebih gelap. Lalu kamu pilih Object> Blend> Blend Options dan ubah pilihan. Misal masukan nilai “5” dan klik OK.Selanjutnya kamu pilih campuran dan pilih Object> Expand. Sekarang Anda dapat menggunakan warna dan menambahkannya ke panel Swatch dengan mengklik tombol New Color Group.Kamu juga bisa menambahkan nama dan menyimpan palet untuk ilustrasi selanjutnya guys.Sekarang kamu tarik garis di tengah-tengah ilustrasi. Pilih rambut dan menguncinya dengan Cmd + 2. Kemudian klik garis dan pilih ke Object> Jalur> Divide Objects bawah. Cara ini berguna untuk memotong semua jalan yang berada di belakang garis.Karena semua benda telah dibagi sekarang kita dapat Aktifkan rambut dengan menekan Cmd + Alt + 2Untuk mempermudah pekerjaanmu, kamu bisa letakkan kotak kotak kecil yang kamu beri warna tadi. Letakkan dikanvas disamping illustrasi sehingga kamu dapat menggunakannya dengan pipet (I).Agar illustrasi nampak seperti foto aslinya masi kita bermain warna pada illustrasi. Gunakan warna turunan guys. Mulailah dari warna yang gelap hingga ke warna yang agak terang dan paling terang.Agar terlihat tampan buatlah jenggot dan kumis dengan Rectangle Tool (M) dengan menggambar persegi panjang. Alt + Drag untuk menyalin jalan dan kemudian tekan Cmd + D untuk mengulangi tindakan terakhir. Kelompokan semua dan Align ke pusat bentuk wajah.

Tambahkan detil dan rapikan lagi serta perinci lagi agar hasil maksimal guysgeometrisFinish guys! Illustrasi foto dengan gaya geometris akhirnya selesai, Next time see you again jangan bosen-bosen yak. Semoga bermanfaat 🙂
sumber : https://design.tutsplus.com/tutorials/how-to-create-a-self-portrait-in-a-geometric-style–vector-5992

Leave a Reply