Cara Membuat Efek Petir di Adobe Photoshop dengan Mudah

0
210

Buka software Photoshop anda. lalu, buat file baru dengan cara klik File lalu “New”

1

tentukan ukuran kertas yang diinginkan. saya disini membuat dengan ukuran 200px X 500px lalu OK

2

Beri warna gradient hitam putih dengan grandient tool, dengan cara klik geser menyamping, yang hasilnya nanti seperti pada gambar dibawah ini.

3

Gunakan tipe linear gradient.

4

Render dan beri efek difference clouds dengan cara klik pada menu filter – render – difference clouds, hasilnya nanti seperti ini.

5

6

kemudian invert dengan cara klik pada menu image – adjustment – invert atau cukup dengan menekan tombol ctrl+i. Dan hasilnya nanti seperti gambar dibawah ini

7

Sampai disini bentuk petir sudah mulai terlihat, langkah berikutnya adalah membari level pada petir agar terlihat lebih jelas, caranya klik pada menu image – adjustment – levels (ctrl+L) dan Set. Seperti pada gambar dibawah ini

8

Langkah berikutnya adalah memberikan warna agar terlihat lebih menarik, caranya klik pada menu image – adjustments – color balance (Ctrl+B) dan Set seperti gambar dibawah, atau sesuai dengan keinginan kalian. Seperti pada gambar di bawah.

9

atur warna menjadi kebiruan.

10

Setelah itu, Bukalah Gambar lain, caranya klik menu flie – open (ctrl+O) dan cari gambar model sesuai yang anda inginkan. Sebagai Contoh saya ambil gambar di laut saat malam hari.

11

Untuk menggabungkan gambar petir dengan gambar lain cukup hanya dengan drag dan drop gambar petir tersebut ke gambar yang akan kita beri petir seperti pada gambar di bawah ini.

12

Kemudian ganti layer mode dari normal menjadi “screen”. Seperti pada gambar di bawah ini.

13

Edit posisinya sesuai kalian, hapus ujung petir yang sekiranya gak perlu dengan Brush Tool dan Hasilnya nanti seperti punya saya pada gambar di bawah.

14

15

sekian tutorial tentang membuat petir dari saya. semoga bermanfaat 🙂

Post By: Erna NS

Ingin artikel atau tutorial lebih tentang desain grafis? Kunjungi http://kelasdesain.com

Leave a Reply