CARA MEMBUAT EFEK FOTO MOZAIK

Lastpict

Efek foto pertama adalah efek foto mozaik atau puzzle. Bila menggunakan photoshop, Kamu tidak perlu memotong foto dan menyusunnya satu demi satu, cukup menggunakan marquee tool saja dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Bukalah foto dengan menu File > Open
              Gambar yang akan diberi efek
  1. Buatlah dokumen baru. Tentukan ukuran dokumen pada kotak dialog yang tampil lebih besar dari ukuran foto yang akan di potong seperti gambar berikut.
  Membuat dokumen gambar baru
  1. Kembali ke dokumen foto yang hendak di potong. Seleksilah salah satu bagian dengan Rectangle Marquee Tool. Setelah itu tekan Ctrl+C dan masukkan ke lembar kerja baru dengan menekan Ctrl+V
  2. Buat bayangan pada tumpukan kerta sehingga mempunyai nilai seni. Klik 2x pada layer hasil seleksi, setelah itu pada kotak dialog Layer Style klik Drop Shadow.

      Pengaturan drop shadow pada layer style
  1. Kemudian pada jendela sebelah kanan, aturlah efek bayangan yang di inginkan menggunakan Angle untuk mengatur arah bayangan, Distance untuk jarak jatuh bayangan, dan Size untuk mengubah ukuran bayangan. Stelah itu klik OK
Hasil gambar menggunakan drop shadow
  1. Agar tampilan efek bayangan ini dapat di terapkan pada potongan gambar lainnya, salinlah layer yang telah kamu olah dengan mengklik kanan pada mouse, lalu pilihlah Copy Layer Style.
Melakukan Copy Layer style

  1. Selanjutnya seleksi bagian foto yang lain pada lembar kerja , lalu pindah ke dalam lembar kerja Photoshop yang baru. Tumpuklah bagian foto tersebut pada bagian yang sesuai dengan susunan foto sebelumnya. Selanjutnya terapkanefek bayangan dengan mengklik kanan mouse pada layer dan pilihlah Paste layer Style.
  • Gambar secara otomatis menggunakan efek Drop Shadow seperti dengan efek pada foto sebelumnya.

  • Setelah itu seleksi semua foto sampai tampak utuh namun tersusun.

  •                            Hasil Gambar
    1. Berilah sedikit sentuhan pada foto supaya terlihat alami. Jangan susun semua potongan gambar secara berurutan dan buat supaya terlihat berantakan dan tidak teratur. Setelah itu satukan semua layer pada gambar tersebut menjadi satu dengan cara klik pada layer dan pilihlah Flatten Image.
                             Hasil Akhir Gambar

     

    selesai, kalian bisa buat kreasi yang lebih unik lagi.

    Selamat mencoba, terimakasih~