Cara Membuat CV di Adobe Ilustrator (Ai)

Pada saat ini CV merupakan hal yang cukup berpengaruh dalam dunia kerja terutama bagi anda yang hendak melamar pekerjaan di sebuah persahaan. Selain isi dari CV itu sendiri desain atau tampilan dari CV  juga mempunyai kesan tersendiri bagi HRD / Pimpinan perusahaan.maka dari itu saya akan membagikan tentang bagaimana cara membuat CV yang sedikit berbeda dengan menggunakan Adobe Ilustrator.

Langkah pertama buka aplikasi Adobe Ilustrator

Buat lembar kerja baru  / Ctrl + N , atur sesuai dengan kebutuhan baik ukuran / jumlah halaman yang hendak dibutuhkan

Atur layer  dan tambahkan new layers untuk mempermudah proses pengeditan, lakukan editing di layers 2

Buat background sesuai dengan keinginan anda, lock background pada layer sesuai bidang yang duigunakan  untuk background dengan cara klik pada bagian kotak kecil , sebelah icon mata. Tujuan di lock agar background tidak berubah.

Setelah itu

Masukan data yang dibutuhkan mengenai CV  yang akan anda buat

Cara memasukan foto agar bisa dimasukan kedalam kotak . Taruh foto dengan cara buka menu file > place > open > atur sesuai kebutuhan pada layers 1

Buat kotak untuk menaruh foto > taruh foto di dalam kotak > blok Kotak > klik kanan > redo make clipping mask > ok

Langkah selanjutnya buat kotak text untuk meletakan data diri dan kebutuhan yang lainnya

Caranya mudah,  arahkan kursor mouse pada type tool > drag pada lembar kerja sesuai dengan kebutuhan

Untuk membuat icon bisa anda lakukan secara manual ataupun mengambil gambar dari internet gambar yang akan anda jadikan icon baiknya format PNG agar dalam proses pengeditan lebih mudah. Untuk tampilan keseluruhan baik background, icon, kotak, dlsb bisa disesuaikan dengan selera kalian.

Untuk pewarnaan dan efek yang akan anda masukan bisa anda atur sesuai selera dengan catatan antara warna satu dengan yang lain tidak membuat mata cepat bosan untuk melihatnya  , jangan norak.

Usahakan antara background dan tulisan memiliki contras warna yang baik, agar memudahkan  pembaca.  Untuk tata letak baik tampilan belakang atau depan silahkan klik tanda panah pada layer 2. Atur dengan cara menggeser bidang yang aktif ke atas atau ke bawah. Cara ini mudah namun butuh ketelitian agar tidak terjadi kesalahan.

Masukan juga pengalaman kerja, organisasi , riwayat pendidikan baik formal maupun non formal. jika anda seorang desain grafis masukan juga portfolio / karya yang telah anda buat.  Kurang lebih seperti ini jika sudah selesai membuat CV di Adobe Ilustrator

Mungkin hanya ini yang bisa saya bagikan pada saat ini, selamat mencoba, seboga berhasil…