Cara Membuat Brosur Mudah

0
126
kreasi desain grafis

 

Membuat Brosur Dengan Photoshop

kreasi desain grafis

      Assalamualaikum,baik temen-temen kali ini saya akan berbagi tips membuat brosur dengan adobe photoshop,sebelumnya udah pada tau belom jenis-jenis brosur.Baik disini saya akan kasih tau sedikit tentang jenis-jenisnya ya,jadi brosur itu ada beberapa jenis seperti: Trifold/ lipat 3,Twofold/lipat  2, Gatefold,z-fold.Caranya dapat teman-teman lihat seperti dibawah ini:

1. KITA HARUS MENGATUR UKURAN BROSUR

  • Desain Brosur Flyer(tanpa lipatan)

    – ukuran standarnya  A5 (14,8 x 21 cm)

    – bisa juga A4 sesuai keinginan kita

    – Ukuran ini lebih cocok untukenampilkan informasi yang simple.

  •  Desain Brosur Lipat 2
  • ukurannya adalah A4 (21 x 29,7 cm)
  • brosur ini berbeda dengan brosur lipat 3, brosur ini ruang/space halamnya lebih terlihat  besar

  • ukuran ini cocoknya untuk desain yang menampilkan kesan gambar yang besar dan terlihat lebih jelas

  • Desain Brosur Lipatan 3

   – Ukuran standarnya adalah A4 (21 x 29,7 cm),namun brosur ini tidak terpaku dengan   ukuran A4,ukurannya tergantung kebutuhan.Ukuran ini juga lebih banyak digunakan dibandingkan dengan ukuran lain

   – Kenapa ukuran ini lebih banyak diminati?. Ukuran ini banyak diminati karena ukuran ini memiliki kelebihan yang dapat memberikan informasi yang lebih banyak karena memiliki 6 halaman.

2. SETTING COLOR MODE MENJADI CMYK                       format gambar untuk percetakan berupa CMYK, sedangkan untuk media online berupa RGB. Gambar dengan format CMYK memiliki ukuran file yang besar, sehingga tidak cocok untuk media online. mudah, dalam aplikasi Photoshop sudah tersedia menu untuk mengubahnya.. Ini hal yang paling penting, agar kualitas cetakannya sesuai dengan apa yang kita buat dan tidak mengecewakan. Selain itu juga setting resolutionnya menjadi 300 agar gambarnya lebih maksimal dan tidak pecah saat dicetak.

 

3. DESAIN SESUAI KEINGINAN 

    Setelah semua tahap tadi dilakukan sekarang kita tinggal membuat brosur yang kita inginkan.Selanjutnya kita dapat membuatnya dengan cara:

  1. Setelah membuat lembar kerja baru dengan mengklik menu File > New (Ctrl+N). Gunakan ukuran 29,7 x 21 cm dengan resolution 300 pixel/inch. Gunakan Color mode: CMYK.
    Bagi lembar kerja menjadi 3 bagian dengan ukuran masing-masing 9,9 x 21 cm.
  2. Gunakan Ruler tool untuk membuat batas pada masing-masing bagian.   Jika belum tampil, klik menu View, laku centang Ruler.
  3. Berikan  latar belakang brosur dengan gradasi warna yang diinginkan. Caranya dengan memberi layer style pada layer.
  4. Carilah gambar dari obyek dan masukkan ke lembar kerja photoshop. Posisikan gambar objek sesuai keinginan
  5. Buat sebuah layer baru dengan meng-klik Create a new layer di bagian bawah layer panel.Gunakan Eraser tool untuk menghapus bagian gambar yang tidak diperlukan dan gambar terlihat padu.Masukkan teks dengan menggunakan Horisontal type tool.
  6. Sampai penjelasa disini kita hampir selesai membuat lembar pertama. Tekan Ctrl+Shift+E untuk menyatukan semua elemen gambar. Kemudian pindahkan gambar ke lembar kerja ukuran 29,7 x 21 cm tadi dengan cara drag.
  7. Untuk bagian tengah dan kanan brosur berilah brush floral seperti langkah sebelumnya.Masukkan gambar-gambar kecil pendukung di lembar kerja tengah. Gunakanlah font yang mudah dibaca.

hanya itu tips yang dapat saya kasih,semoga bermanfaat bagi teman-teman ya.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply