Cara Memanipulasi Foto di Adobe Photoshop

Assalamualaikum teman selamat siang selamat berjumpa kembali dengan saya hehe. Buat kamu yang suka edit edit foto tetapi hasil editannya biasa biasa saja, disini saya akan berbagi tips cara mengedit/memanipulasi foto yang berbeda dengan hasil editan yang lain. Mau tau gimana caranya? Yuk mari

 

Cara memanipulasi foto di Photoshop

  1.  Sekarang kamu buka Program Adobe Photoshop kemudian import gambar yang sudah dipersiapkan seperti, cangkir, pohon.png, model, dan rumput. Atau terserahlah gambar apa saja yang ingin kamu edit.
  2. Langkah berikutnya kamu seleksi gambar cangkir yang telah kamu pilih, seleksi backgroundnya.
  3.  Setelah gambar terseleksi, saatnya temen temen buat layer baru bisa dengan cara CTRL + SHIFT+N. Letakkan layer baru dibawah layer cangkir yah.Lalu teman  teman  klik Gradient Tool (G), atur warna Forground dengan warna putih lalu warna Backgroundnya dengan warna abu-abu. Pada Options Bar teman teman pilih tipe Radial Gradient.
    kemudian warnailah layer baru tersebut dengan Gradient Tool (G)
  4. Nah agar cangkir terkesan lebih hidup teman teman bisa memberi shadow pada cangkir tersebut. Dengan cara klik Elliptical Marquee Tool (M) lalu buatlah seleksi dibawah cangkir.kemudian beri warna area yang tadi telah diseleksi menggunakan Paint Bucket Tool (G) dengan warna hitam. Setelah itu Deselect area seleksi dengan menekan CTRL + D.
  5. Selanjutnya teman teman pilih menu Filter – Blur – Gausian Blur. Teman teman atur Radisunya sesuai keinginan misal 16 Pixels. Jangan lupa klik ok.
  6. Untuk membuat foto yang berbeda mari kita mainkan imajinasi kita dengan cara Drag gambar rumput ke gambar cangkir. Hal yang penting adalah menyesuaikan letak dan ukurannya menggunakan perintah Free Transform.
    Selanjutanya teman teman menyeleksi bagian tengah cangkir dengan Pen Tool (P).

Jika sudah selesai menyeleksi sekarang teman teman tekan CTRL + SHIFT + I untuk membalikan daerah  luar dari cangkir tersebut yang terseleksi. Jangan lupa munculkan kembali objek gambar rumputnya, tekan  Del untuk menghapus bagian rumput yang tidak di gunakan.

  1. Langkah selanjutnya teman teman masukan gambar pohon type png, lalu perkecil pohon dan sesuaikan dengan wadah cangkir. Jika ada bagian bagian yang mengganggu dan tidak tiperlukan hapus saja menggunakan eraser tool
  2. Langkah selanjutnya pergelap area akar pohon dengan klik Burn Tool (O)

Agar gambar terkesan lebih bagus buat agak gelap diarea pohon caranya aktifkan layer gambar pohon tersebut kemudian tekan CTRL + SHIFT + B. Jika masih kurang redup teman teman bisa meredupkan cahayanya menggunakan Curve (CTRL + M)

  1. Kemudian teman teman pisahkan gambar modelnya dari background. Lalu drag gambar model tersebut kedalam cangkir.Kemudian teman teman bisa atur kontras warna modelnya dengan warna background.Pertama teman teman  tekan CTRL + SHIFT + B (Auto Balance), kemudian tekan CTRL + M (Curve). Pada box curve pilih Channel Blue, kemudian teman teman turunkan atau tarik garisnya kebawah.Selanjutnya tekan CTRL + L (Levels) lalu tarik ke kanan Slider levelnya yang tengah, kemudian klik ok.
  2. Selanjutnya teman teman mengaktifkan layer rumput. Pilih Burn Tool (O), lalu seting Exposurenya 50% saja agar tidak terlihat terlalu contras nantinya. Kemudian teman teman sapukan Burn Tool (O) tersebut ke area yang ingin di gelapkan.

Area yang akan digelapkan  saya beri tanda merah kemudian di Burn

  1. Langkah terahir gays kamu klik Create new fill or adjustments layers > Color Balance (CTRL + B).Pada Tone Balance Shadow atur nilai Cyan – Red : +19, Magenta – Green : 0, Yellow – Blue : +28. Tone Balance Midtones Cyan – Red : 0, Magenta – Green : 0, Yellow – Blue : -26. Tone Balance Highlights Cyan – Red : -13, Magenta – Green : -1, Yellow – Blue : -35.

Alhamdulillah setelah menguras kesabaran yang cukup ekstra akhirnya jadi juga manipulasi foto yang berbeda dengan yang lain. Manipulasi yang penuh imajinasi.

Semoga bermanfaat bro sist 🙂

 

sumber : http://belajar-dotcom.blogspot.com/2016/07/manipulasi-foto-dengan-photoshop.html