Cara Edit Photoshop

0
226

ScreenHunter_05 Mar. 10 14.39

Cara mengedit foto dalam photoshop bukan lah hal yang sulit tetapi bukan pula sesuatu yang mudah semudah membalikan telapak tangan, dibutuhkan banyak eksperimen, pengalaman, dan usaha. Berbagai percobaan dalam memadukan warna dan konsentrasi pada setiap detil pixel sangatlah perlu dalam menciptakan efek photoshop yang indah dan keren, saya pun masih belajar dalam mengedit foto di photoshop, banyak master photoshop yang dapat memanipulasi foto sehingga tercipta seni yang mengagumkan. Kemampuan dalam mengedit foto pun dapat menghasilkan uang yang lumayan jumlahnya.

 

Teknik dasar dalam edit atau memanupulasi foto adalah Seleksi atau Cropping. Dalam mengedit foto diperlukan seleksi untuk mengganti latar tempat dalam foto ataupun memanipulasi foto, contohnya di studio, foto menggunakan layar dengan satu warna agar memudahkan dalam seleksi latar/background sehingga latar tersebut dapat diganti sesuai keinginan pelanggannya. Tingkat ketajaman gambar pun mempengaruhi kemudahan dalam mengedit foto, semakin besar pixel gambar atau foto semakin mudah untuk diedit begitu pula sebaliknya, semakin kecil pixel gambar atau foto semakin sulit dieditnya karena gambar akan pecah sehingga cukup sulit untuk melakukan seleksi. Dalam Melakukan seleksi dibutuhkan kesabaran dan ketelitian untuk menghasilkan hasil yang baik.

 

Lalu teknik pemilihan warna. Dalam mengedit foto juga diperlukan teknik pemilihan warna agar dapat menghasilkan hasil yang baik, contohnya kita ingin membuat foto kita memiliki efek instagram, kita perlu memilih warna yang mendukung efek instagram (terdapat pada tutorial di bawah). Teknik pemilihan warna pun sangat berguna saat kita ingin membuat logo, baner, spanduk, dan sebagainya. Jika warna yang dipilih tidak cocok, kontras atau di luar tema yang diinginkan mungkin akan membuat yang melihat sakit mata hehe, maka dari itu teknik pemilihan warna sangat penting dalam mengedit photoshop.

Selanjutnya teknik pencahayaan. Teknik pencahayaan juga berguna saat kita ingin memanipulasi foto atau membuat gambar, contohnya misalkan saat kita ingin memindahkan foto kita yang sedang di dalam rumah ke pantai di kute Bali, hal tersebut memerlukan teknik pencahayaan karena cahaya di dalam ruangan berbeda dengan di luar ruangan, dalam hal ini juga berlaku teknik pemilihan warna jika tidak akan terlihat dengan jelas bahwa foto tersebut adalah hasil editing.

terimakasih,semoga bermanfaat,,,,

Leave a Reply