Cara Cepat Mengganti Background Photo Dengan Photoshop

Pada Tutorial Photoshop Cara Cepat Mengganti Background Photo Dengan Photoshop ini sangatlah mudah.
Kalau gak percaya, coba nih dibaca artikelnya dan jangan hanya dibaca tetapi juga langsung coba praktekan…
Ok..
Berikut langkah-langkah pengerjaanya.

Langkah Persiapan

Yang pasti aplikasi Photoshop (Pada kali ini saya akan menggunakan Adobe Photoshop CS2). Bila anda belum memiliki Photoshop CS2 bisa anda Download versi portabelnya

Objek photo yang akan di edit.

13

Objek Gambar yang akan dijadikan background Photo.

Jangan lupa untuk mempersiapkan kopi/teh, makanan ringan dan juga rokoknya biar lebih santai brooo…hehehe;)

Langkah Pengerjaanya  :

Buka aplikasi Photoshop yang ada pada komputer anda

Klik file yang ada dipojok kiri atas>>klik open>>pilih file photo yang ingin diedit.
Dalam tutorial ini saya menggunakan model Photo milik seorang Artis cantik yang sedang laris manis didunia hiburan Indonesia, Syahrini :

14

Duplikat photo dengan cara Klik Layer pada menu>>Later>>pilih Duplikate Layers. Ini bertujuan agar nantinya kita tidak merusak gambar aslinya.

15

Setelah itu langkah berikutnya yaitu kita akan menyeleksi objek photo. Untuk menyeleksi bagian photo yang ingin diambil ini bisa menggunakan beberapa teknik dari beberapa tools yang disediakan aplikasi photoshop ini (tergantung bagaimana anda mengembangkanya). Tetapi kali ini kita coba dengan menggunakan tools magnetic lasso tool yang ada pada Toolbox. Dengan cara mencari tools seperti pada gambar yang telah diberikan tanda lingkaran berikut ini atau dengan cara menekan huruf (L) pada keyboar komputer anda.

16

Lakukanlah seleksi diseluruh sisi objek photo yang ingin diambil dengan perlahan (bagian ini yang harus memerlukan tingkat kesabaran yang tinggi).

Bila sisi gambar yang ingin diambil sudah berhasil diseleksi lalu Klik select dan pilih inverse atau dengan cara menekan Shift+ctrl+I secara bersamaan>>lalu klik delete pada keyboard komputer anda>>klik gambar mata yang ada dipalletes Layers sehingga hasilnya akan terlihat sama seperti gambar yang dibawah ini.

17

Sehingga akan terlihat seperti ini :

18

Mudah-mudahan sampai di langkah ini bisa dipahami, kamu berhasil gak ya…???
Buat anda yang belum berhasil, jangan putus asa. Ayo lebih semangat dong… kalau sudah sering berlatih Belajar Photoshop ini sangatlah mudah sekali kok.
Buat anda yang sudah berhasil sampai pada langkah ini, selamat ya…
Oke-lah kalau begitu buat anda yang sudah berhasil membuat Cara Mengganti Background kita lanjut lagi ya, karena memang belum selesai nih photo…
Pada langkah berikutnya yaitu kita akan memasukan file gambar yang akan disatukan untuk dijadikan background pada photo si Artis cantik ini.

Caranya yaitu :

Klik file>>open>>pilih File gambar yang ingin anda jadikan background photo.Setelah dipilih maka akan keluar jendela baru dengan file gambar sesuai dengan gambar yang anda pilih tadi. Maka sekarang ini pada Area kerja kita sudah terdapat 2 buah jendela. (Catatan: jangan menutup jendela area kerja 1/hasil seleksi photo syahrini).

Sebagai contoh disini saya menggunakan file gambar seperti yang ada dibawah ini.

19

 

Sehingga akan terlihat seperti dibawah ini.

20

Setelah file gambar anda terbuka,lihat dibagian menu Photoshop CS2 anda, klik Select>>pilih All, atau menekan ctrl+A. Sehingga gambar tersebut akan terseleksi secara keseluruhanya.Selanjutnya Klik edit>>>pilih copy atau menekan ctrl+C.

Setelah itu anda kembali lagi ke jendela pertama/photo itu lohhh…photonya syahrini tadi…masak kamu lupa sihhh…

Pastikan anda sedang mengakftikan layer background contohnya seperti gambar dibawah ini.

21

Gambar diatas menunjukan bahwa layer yang sedang aktif saat ini adalah pada layer background gambar/objek photo asli.

Klik edit>>>pilih Paste atau menekan ctrl+V.

Maka dengan sedikit melakukan pengaturan, ini akan terlihat hasil gambar Cara Cepat Mengganti Background Photo Dengan Photoshop seperti yang bisa anda lihat dibawah ini :

23

a

Mudah-mudahan Tutorial Photoshop yang sudah saya berikan ini bisa dengan mudah dimengerti dan bermanfaat buat anda yang memang baru memulai untuk Belajar Photoshop.
Terima Kasih…

Teruslah berkarya…
Referensi dari http://kampusphotoshop.blogspot.com