Membuat mockup adalah hal yang wajib bagi seorang desainer grafis, tapi terpaku pada template saja bukan seorang desainer grafis sesungguhnya, tapi kita bisa kok membuatnya sendiri!

Cukup berbekal gambar dan aplikasi photoshop, kita bisa membuatnya langsung.

Oke sebelum kita mulai, download dulu gambar yang akan kita gunakan di tutorial kali ini, sliahkan didownload di sini

Setelah download, mari kita mulai, pertama, tentu saja buka aplikasi photoshopmu, kemudian, masukkan gambar yang tadi sudah kita download, ukurannya biarlah sesuai ukuran gambar tersebut (langsung drag and drop ke photoshop) ukurannya sekitar 2500 X 1500

Kedua, masukkan poster buatanmu di sana, kalo aku adalah sebuah poster karyaku untuk milad Al-Azhar.

Ketiga, rasterize dulu gambar poster yang kamu masukkan.

Keempat,  klik Ctrl + T, Setelah itu klik kanan di poster mu, kemudian pilih Distort

Kelima, sesuaikan bentuk poster mu dengan bentuk poster yang ada didinding, jangan lupa rapikan supaya terlihat pas.

Keenam, klik bola hitam putih dipojok kanan bawah, lalu klik Levels, Tools ini berfungsi sebagai penyama warna, supaya tidak terlihat gambar tersebut ditempel diphotoshop.

Ketujuh, mainkan levelnya, untuk urusan ini lebih baik try and error aja, mana yang menurutmu pas dan cocok, sehingga poster yang dibuat terlihat real.

Kedelapan, ini salah satu faktor penting, yaitu gambar postermu ubah menjadi Smart Object, sehingga ketika mau menggunakannya, kita tinggal klik dua kali, kemudian opsional ubah nama – namanya sehingga mudah untuk dipakai.

Selesai, Mockupmu selain siap digunakan, siap juga diedarkan untuk dipakai orang lain!

***

Membuat mockup terlihat sulit, dan memang sulit, tapi kalau kita terus bergantung pada template, bukan seorang desainer grafis sejati.

Ada banyak hal lain yang belum dijabarkan, seperti memainkan lighting, memainkan tekstur, dan lain – lain, tapi untuk hal itu, ilmunya akan datang jika kita terus belajar, yang penting terus belajar dan belajar. jangan lupa ketika menggunakan template, selalu perhatikan bagaimana template itu bekerja dan buat juga buatanmu sendiri.

 

Sampai jumpa!

Leave a Reply