Buat Background Seperti Wallpaper InDesign

Langkah pertama gunakan type tool untuk membuat semua. Kmu bisa mengambil salah satu jenis huruf yang ada ornamennya. Dan jadikam ornamen itu sebagai outlines. klik dengan Selection Tool, klik menu Type-Create Outline.

Langkah ke 2 perbanyak ornamen melalui menu Edit-Step and Repeat, pada blok dialog, tentukan jumlah pengulangan ornamen dikolom repeat count. Isi jarak antar ornamen menjadi horizontal ofset, isi 0 cm pada vertikal offset. aktifkan Preview-OK apabila sudah pas.

  1. Seleksi semua ornamen dengan selection tool gabungkanlah, klik menu objek-group. Ulangi langkah ke 2, hanya satu kali ini pada horizontal offset. Isi 0 cm serta isikan jarak antar ornamen di vertical offset.
  2. Atur ulang jajaran ornamen pada setiap group agar lebih dinamis. Gabung semua ornamen, gunakanSelection tool untuk mengaktifkan semua group otnamen, klik Object-Group.

  3. Buat kotak melebihi halaman pakai rectangle tool. Berilah warna solid /warna gradasi Klik gradient.

  4. Pindah posisi kotak kebagian bawah Klik objek -Arrange-Send to Back. Klik ornamen yang berada di depan kotak, aktifkan pakai selection tool lalu ubah warnanya.

  5. Agar lebih menyatu pakai panel Effect ubahlah blanding mode dari normal jadi Soft light. Background serupa wallpaper siap digunakan.

  6. Posisikan background pada layer paling bawah lalu sembunyikan bagian yang yang menyebrang ke halaman dengan membuat warne putih.

(Sumber By Modul InDesign Kelas Desain Grafis RGI depok )