Bermain Warna Dalam Desain Grafis

0
78
Mengenal macam-macam Warna Dalam Desain Grafis

Color picker (mengambil warna)

pada dasarnya warna adalah suatu mutu cahaya yang dipantulkan dari suatu objek kemata mMengenal macam-macam Warna Dalam Desain Grafisanusia hal ini menyebabkan kerucut-kerucut warna pada retina bereaksi, yang memungkinkan timbulnya gejala warna pada objek-objek yang dilihat sehingga dapat mengubah persepsi manusia (Junaedi, 2003: h.14).

warna bersifat subjektif karena warna memiliki hubungan yang sangat kuat dengan setiap individu yang melihatnya. Dalam hubungannya dengan logo, warna merupakan elemen yang sangat penting dalam peranannya sebagai media pengingat (Adams, seperti dikutip Ramanda, 2011).

  1. Pengelompokkan warna
  2. Warna Primer

adalah warna yang menjadi pedoman setiap orang untuk menggunakannya,

yaitu warna merah, kuning dan biru.

  1. Warna sekunder merupakan percampuran antara warna primer:
  2. Merah + Biru = ungu/violet
  3. Merah + Kuning = oranye/jingga
  4. Kuning + Biru = hijau
  5. Warna Tersier merupakan percampuran antara warna sekunder dan primer.
  6. Karakter Warna

Junaedi (2003) menjelaskan bahwa sifat warna dapat digolongkan menjadi dua golongan diantaranya:

  1. Warna panas: yang termasuk warna panas adalah keluarga merah atau jingga yang memiliki sifat dan pengaruh hangat segar atau menyenangkan, merangsang dan bergairah.
  2. Warna dingin : yang termasuk warna dingin yaitu kelompok biru atau hijau yang memiliki sifat dan pengaruh sunyi, tenang, makin tua makin gelap arahnya makin tenggelam dan depresi. Warna dingin bila digunakan untuk mewarnai ruangan akan memberikan ilusi jarak, akan terasa tenggelam atau mundur. Sebaliknya warna hangat terutama merah akan terasa seolah-olah maju dekat ke mata, memberikan kesan jarak yang lebih pendek.

 

Leave a Reply