Desain tak terbatas hanya pada desain grafikal saja, di zaman yang sudah bertebaran internet ini, peran website menjadi sangat krusial, dan peran web-designer sangat dibutuhkan untuk menciptakan website yang sesuai dan pastinya enak dilihat.

Menjadi seorang web designer pun susah susah mudah, susah jika kita tidak memahami prosesnya, dan mudah kalau ktia sudah mengetahui ilmunya dan terus mengembangkannya.

Nah sebenarnya apa sih itu Web-Design? Nah web-design adalah kegiatan mendesign sebuah website, mulai dari pewarnaan, layout, typography, dan komposisinya.

Apa saja yang harus disiapkan untuk menjadi seorang Web-Designer? Cekidot!

 

Gak Perlu Takut Koding!

Banyak orang yang menghindari masuk kedalam dunia web karena proses koding yang sangat njelimet membuat siapapun bahkan yang sudah profesional sekalipun otaknya keriting.

Menjadi web-designer lebih membutuhkan pemahaman design yang jawara dibanding kemampuan teknikal koding, karena biasanya, untuk urusan koding, tinggal kita serahkan ke para web-developer. 😀

Walaupun begitu, menjadi seorang web-designer membutuhkan satu macam kode saja yang benar benar harus dikuasai, tapi sebenarnya agak sangsi mengatakannya kode, karena kode ini sangat sederhana, yaitu CSS!

 

Apaan Tuh CSS?

Nah pasti gak asing dong dengan CSS, memang CSS ini sudah menjadi tubuh yang berbeda dengan koding – koding yang super menjlimet, yang memang diciptakan untuk memudahkan para web-designer untuk mengerjakan pekerjaannya.

Kode – kode yang ada pun hanya kode sederhana, yang bisa dikuasai dengan mudah asalkan bersungguh – sungguh mempelajarinya.

CSS adalah Cascading Style Sheet, jadi di CSS ini kita mengumpulkan dan mengubah segala jenis style dalam website, dalam satu area, yang membuatnya jadi sangat mudah, ada banyak ornamen – ornamen yang wajib diketahui, seperti tipe font, ukuran, CSS box, dan lain – lain. Kabar baiknya, kita bisa mempelajarinya di Internet!

Jadi gak usah ragu untuk memulainya, karena, ada satu kabar bahagia lagi yaitu…

 

…Plugin Sudah Banyak!

Buat sebuah CMS pembuat website sebesar WordPress, bukan tidak mungkin dengan pengguna yang sangat banyak itu, pastinya ada banyak orang yang punya ide untuk memudahkan segala proses membuat website.

Terbukti dengan menjamurnya plugin wordpress berupa page builder yang membuat kita bisa memberikan gaya pada website, tanpa koding sedikitpun!

Meskipun begitu, pengetahuan dasar CSS tetap dibutuhkan, karena itulah instrumen yang akan dipakai ketika mendesign sebuah website, se-powerful apapun page buildernya.

Plugin ini pun bervariasi harganya, semakin mudah menggunakannya tentu semakin mahal :D, tapi tentu saja melihat review dan mencoba demo nya sangat dianjurkan untuk menggunakan mana Plugin yang tepat, karena harganya cukup menguras kantong jika digunakan untuk website pribadi, berbeda kalo buat website kantor :D.

Oleh karena itu, kita harus berfokus pada kemampuan desain kita, karena kitalah subjek yang menggunakan tools tersebut, jangan sampai, kemampuan desain kreatif kita justru digantikan oleh peran para robot dan mesin L

Setelah mengetahui semua ini jangan lagi takut untuk memulai menjadi seorang Web-Designer, dengan prospek masa depan yang cerah, dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang, permintaan akan website yang indah yang membutuhkan campur tangan seorang masterplan design, pasti akan terus menanjak.

Nah alangkah baiknya langsung mulai saja belajar,  ada beberapa referensi yang bisa digunakan, tapi sejauh ini saya hanya menggunakan Bahasa Inggris 🙁

Untuk belajar CSS bisa pergi ke W3schools.com/CSS

Untuk belajar WordPress bisa pergi ke WPBeginner.com

Mungkin kalau saya sudah paham betul, bisa saya share, karena saya pun masih belajar, atau bisa kamu cari sendiri 😀

 

Ayo mulai sekarang, dan ciptakan website kerenmu!