Bahan – Bahan Teknik Digital

Berikut ini adalah bahan – bahan teknik digital yang perlu kita ketahui dan apa saja sih kegunaannya? mari kita ketahui bersama.

  1. Tinta
  • Tinta dye : Tinta khusus foto. Biasanya digunakan untuk mencetak foto, pin dan ID Card.
  • Tinta Sublimasi : Tinta sablon. Digunakan untuk mencetak kaos, mug, keramik piring dan tas. Tinta ini mempunyai banyak kelebihan, diantaranya hasil lebih bagus, menempel sempurna, dan warnanya tidak mudah luntur.
  1. Kertas

Untuk memindahkan desain gambar ke media yang akan kita desain/kerjakan. Kertas yang digunakan yaitu kertas inkjet. Lebih baik menggunakan kertas ini karena warna yang dihasilkan lebih sempurna dibandingkan dengan kertas A4 biasa.

  1. Kaos

Biasanya menggunakan bahan katun. Ada juga bahan lainnya yaitu poliester . Bahan ini harganya lebih murah

  1. Bahan Mug

Bahan yang digunakan dilengkapi dengan coating, agar tinda bisa melekat sempurna, tidak mudah lecet, yang terpenting tidak  luntur terhadap air panas.

  1. Material Pin

Umumnya bahan-bahan yang digunakan untuk mencetak pin sudah tersedia dalam bentuk lingkaran, jadi kita tidak perlu khawatir lagi dan sudah lengkap dengan peniti sebagai pengaitnya.

  1. Bahan PVC ID Card

Untuk lembar tengah ID Card, digunakan untuk menempelkan Overlay.

  1. Bahan Plastik ( Overlay ID Card )

Sebagai media cetak desain, terdiri dari dua sisi, yitu sisi halus dan sisi buram. Sisi buram inilah yang digunakan untuk bagian mencetak.

Terima kasih semoga artikel ini bisa membantu banyak dalam dunia kerja kita..

sumber image : google image