Arti Warna Dalam Seni Desain Grafis

sd

Warna adalah salah satu daya tarik dalam Dunia Desain Grafis.

Dalam menampilkan suatu media , warna mempunyai peran yang sangat penting untuk menyampaikan pesan tersirat dari sebuah desain , karena warna mempunyai efek psikologis terhadap yang melihatnya dan dapat memberikan kesan kesan tertentu. Oleg sebab itu sebelum membuat desain kita harus memberikan kesan yang akan ditampilkan dalam desain yang akan kita buat.

Naaah berikut adalah Macam-macam warna beserta artinya …

   psikologi_warna_merahMERAH

Warna Merah seringkali diartikan sebagai warna positif, warna yang sangat menarik perhatian dan menyerukan untuk segera mengambil tindakan.

Dalam psikologi arti warna Warna merah berarti kuat, berani, energi, gairah, action, dan kegembiraan.

psikologi_warna_merahmudaMERAH MUDA

Warna Merah Muda adalah warna yang feminin, Efek cinta romantis akan timbul ketika warna ini dilihat.

Adapun arti warna merah muda itu sendiri adalah, kelembutan, cinta, menawan, menarik, lucu, dan romantis

 

psikologi_warna_biru

BIRU

Warna Biru adalah yang kebanyakan di favoritkan oleh para pria – pria “dingin”. Dan jika dalam dunia Desain, biru sering di sebut “warna corporate” karena hampir semua perusahaan menggunakan warna biru sebagai warna utamanya. Tidak heran memang, karena biru merupakan warna yang termasuk tenang dan bersifat penyendiri.

Arti warna biru stabil, optimis, kreatif, tenang, klasik, bonafid, mempunyai kredibilitas

psikologi_warna_kuning

KUNING

Kuning adalah warna yang hangat dan bahagia yang menciptakan rasa keceriaan dan rasa ingin bermain. Secara psikologis, warna kuning berarti optimis,bijak, semangat dan ceria.

psikologi_warna_hijau1

HIJAU

Hijau pastinya adalah warna yang tenang karena biasanya di kaitkan dengan lingkungan dan alam. Di dalam desain, kita bisa menggunakan warna hijau untuk memberikan kesan segar.

Warna hijau mempunyai arti Segar, Sejuk, tenang, damai dan nyaman

psikologi_warna_oranye

Jingga/Oranye

Jingga/Oranye adalah warna hangat, bersemangat dan flamboyan. Ini adalah energi yang dikombinasikan dengan menyenangkan, warna bagi si pengambil risiko, yang ekstrovert dan tanpa hambatan. Dalam psikologi warna oranye berarti petualangan, optimisme, rasa percaya diri, peduli dan sosialisasi.

psikologi_warna_coklat
COKLAT
Warna Coklat seringkali  dikaitkan dengan kekuatan dan solidaritas, kenyamanan dan membumi, kematangan dan kehandalan.
psikologi_warna_ungu1
UNGU
Ungu adalah warna yang memberikan kesan spiritual, megah dan kebijaksanaan.
sangat sulit sekali memadukannya dengan warna lain, namun apabila kita pandai menempatkannya, maka warna ini aka terlihat sangat cantik dan anggun.
psikologi_warna_putih
PUTIH

Putih adalah warna yang murni, tidak ada campuran apapun. Banyak sekali pendeskripsian tentang warna ini, tetapi yang pasti warna ini adalah warna yang netral, sagat murni, sehingga warna ini selalu cocok disandingkan dengan warna apapun. efek suci, murni dan bersih adalah kesan yang pertama kali kita tangkap untuk warna yang 1 ini.

 

psikologi_warna_hitamHITAM

Hitam seringkali bersifat mengintimidasi dan mengontrol, meskipun kekuatannya dapat menanamkan kepercayaan. Warna hitam menciptakan suasana misteri dan kerahasiaan.
Warna hitam disukai oleh pasar anak muda berusia sekitar 16 sampai 25, yang masih berusaha untuk menemukan identitas jati diri mereka dan pengakuan. Mereka yang berorientasi prestasi dan ambisius juga mendukung Warna hitam.

Arti warna hitam berarti otoritas, kekuasaan, kontrol, canggih, bermartabat, elegan dan serius.