Apa Itu RGB ?

0
49

Apa Itu RGB ?

Oke temen-temen, kali ini kita akan membahas tentang RGB. Mungkin sebagian dari kalian sudah tau. Just information buat kalian yang ingin tau. RGB adalah suatu model warna yang terdiri atas 3 buah warna yaitu : Red (merah) , Green (hijau) dan Blue (biru), yang kemudian ditambahkan berbagai komposisi untuk menghasilkkan warna.

Kegunaan utama model warna RGB adalah untuk menampilkan citra / gambar dalam perangkat elektronik. Sebelum era elektronik, model warna RGB telah memiliki landasan yang kuat berdasarkan pemahaman manusia terhadap teori trikromatik.

Kelebihan model warna ini adalah gambar mudah disalin / dipindah ke alat lain tanpa harus di-convert ke mode warna lain, karena cukup banyak peralatan yang memakai mode warna ini. Kelemahannya adalah tidak bisa dicetak sempurna dengan printer karena printer menggunakan mode warnaCMYK sehingga harus diubah terlebih dahulu.

Metode warna ini dipakai untuk warna pendar atau warna layar yang berupa cahaya yang dipancarkan. Warna ini hampir mirip dengan teori warna dasar, tetapi menggunakan warna Hijau sebagai pengganti warna Kuning. Warna-warna lain dihasilkan hanya dengan kombinasi dari 3 warna yaitu Merah, Hijau, dan Biru.

Ini adalah warna RGB

RGB

Sekedar informasi ya guys pemberian nilai maksimal RGB, yaitu RGB(255,255,255) atau RGB(FF,FF,FF) akan menghasilkan warna putih. Sebaliknya pemberian nilai minimal RGB(0,0,0) akan menghasilkan warna hitam. Untuk menghasilkan warna abu-abu (Grey), cukup memberikan nilai yang sama pada unsur R,G, dan B. Jika nilainya kecil maka akan menghasilkan abu-abu gelap dan semakin besar nilainya akan menghasilkan warna abu-abu yang semakin terang. Misal: RGB(20,20,20) menghasilkan abu-abu gelap dan RGB(200,200,200) akan menghasilkan warna abu-abu yang lebih terang.

Semoga bermanfaat. See you 🙂

sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/RGB

 

Leave a Reply