Apa Itu Mockup Dan Bagaimana Cara Memakainya?

Mungkin kita sudah sering melihat bagaimana bentuk mockup, tapi apa sih sebenarnya mockup itu?

Mockup adalah sebuah bentuk realistis dari sebuah karya digital, bertujuan untuk pemanis atau menjadi contoh nyata bagaimana sebuah karya digital bekerja, sebelum benar – benar dicetak, biasanya untuk klien atau calon klien dan bertujuan untuk presentasi sebuah karya.

Nah setelah mengetahui apa itu klien, mungkin sebagian orang ada yang masih bingung bagaimana caranya memakai mockup.

Oke, yang pertama, cari dulu mockup yang akan digunakan, aku akan menyarankan menggunakan ini

Setelah didownload, ekstrak file rar, kemudian buka file psd di photoshop

Ketiga, biasanya akan ada nama layer yang menunjukkan apa yang harus diganti, biasanya ada logo khusus di thumbnail yang menunjukkan itu adalah Smart Object, dan di mockup ini, yang diganti ada tiga, yaitu dua bagian kartu nama, depan dan belakang, dan background.

Keempat, ini bagian krusial, klik dua kali layer yang akan diganti tersebut, yaitu layer your design here, dan BG image here.

Kelima,klik oke dan masukkan gambar buatan kita, setelah itu klik Ctrl + S.

Selesai, semua sudah berubah menjadi buatan kita.

 

***

Mudahkan memakai mockup? Memang mudah, karena yang kita gunakan adalah template, yang menjadi masalah adalah ketika kita membuat sendiri mockupnya, akan sangat menyulitkan, apabila untuk desainer grafis pemula. Oleh karena itu, berterima kasihlah kepada para pembuat template, karena jasa mereka pekerjaan kita menjadi lebih cepat sekian kali lipat.

Oke, kita tutup saja, selamat melihat betapa kerennya karya kamu kalau di realisasikan, tapi tentu lebih menyenangkan kalau yang kita lihat adalah karya asli, alias diapprove oleh klien

Sampai bertemu lagi di artikelku yang lain, jangan lupa kunjungi artikel ku yang lain di website ini, atau pergi ke website ku di sini.

Terus belajar dan belajar! Karena dengan belajar kita bisa menjadi seorang desainer grafis yang handal!

See Ya!