Apa itu Layer ?

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh, kembali lagi kami di sini akan memberikan informasi-informasi seputar dunia desain grafis. Di sini kami akan membahas tentang Layer pada aplikasi Photoshop. Mengapa kami membahas Layer Photoshop, karena banyak dari kita sering menyepelekan Layer, sehingga pada akhirnya objek yang kita buat hasilnya kurang maksimal. Padahal fungsi layer sangatlah penting. Oke langsung saja kita mulai pada pembahasan.

  Pengertian Layer pada Photoshop

Layer pada photoshop merupakan kumpulan atau lapisan yang berfungsi sebagai penempatan suatu objek, atau di sebut juga sebagai kanvas untuk sebuah objek
layer dalam photoshop, yang digunakan untuk mengedit objek tertentu.

Dengan adanya layer kita akan lebih mudah mengedit suatu objek tanpa menggangu objek lainya, hal ini jika kita membuat objek lebih dari satu

Anda dapat mengatur komposisi layers dengan cara mengubah atribut dan urutan layers. Sebagai tambahan, corak khusus seperti adjustment layers, fill layers, dan layers style yang dapat diterapkan untuk memberikan efek khusus pada layers.

Sebagai contoh :

Dari gambar di atas kita dapat mengetahui bahwa gambar tersebut terdiri dari 2 layer yang berbeda, yakni layer gambar dengan layer text. Sehingga gambar tersebut apabila kita akan mengedit gambar maka layer text tidak akan mengalami perubahan karena antara gambar dengan text memiliki layer yang berbeda.

Fungsi Layers

Layer berfungsi sebagai pemisah antara elemen satu dengan lainnya dalam sebuah gambar, setiap elemen dapat kita modifikasi baik ukuran, warna, maupun letaknya tanpa mempengaruhi elemen lainya. Perhatikan gambar dibawah ini.

Layer
Contoh beberapa layer

Gambar diatas menjelaskan, Layer “Background” untuk seluruh gambar tanpa adanya campur tangan logo Barcelona dan teks Lionel Messi#10, Layer “FC Barcelona old logo” khusus untuk gambar logo FCB, dan Layer “Lionel Messi#10” khusus untuk teks Lionel Messi#10, selain itu juga pada layer “Lionel Messi#10” terdapat tambahan Effects seperti Drop shadow, Bevel and Emboss,Color overlay, Stroke yang membuat text terlihat indah. Jadi, apabila ukuran logo Barcelona diperbesar, layer background dan teks Lionel Messi tidak akan berpengaruh atau ikut berubah, begitu juga dengan yang lainnya.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang pengertian dan fungsi layer pada Photoshop, cobalah untuk mempraktekan dengan membuat gambar dari beberapa layer agar informasi yang kami sampaikan dapat dipahami. Semoga bermanfaat.