Apa Itu Desain Grafis ??

Design made by ad-desainstudios.blogspot.com

Sebelum kita menyelam lebih jauh lagi di lautan .. ada baiknya kita mengetahui dulu sedalam apa laut yang akan kita selami … ?? Bagaimana kondisinya … ?? dan perlengkapan apa yang harus kita persiapkan. iyaa kaan … 🙂 Begitu juga dengan yang akan kita bahas kali ini, yaitu … “APA ITU DESAIN GRAFIS ??”

Mungkin ada sebagian dari kita yang sudah mahir bahkan profesional dalam hal desain grafis, namun bagi pemula, untuk mendeskripsikan apa itu desain grafis sangatlah sulit, maka tak ada salahnya bagi kita untuk kembali membahas apa itu sebenarnya desain grafis, Prinsip dan Unsur dasar Desain grafis serta software-software yang biasa digunakan dalam lingkup desain grafis

….

Oke .. Check This Out

….

Pengertian Desain Grafis

 Desain Grafis adalah seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, gambar, warna, dan ruang.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Desain berarti proses merancang, mengatur dan merencanakan suatu pola

Sedangkan Grafis berarti sekumpulan titik, garis dan bidang yang saling berhubungan secara visual dapat menyampaikan informasi didalamnya.

Dengan kata lain Desain Grafis  adalah Proses merancang, mengatur dan merencanakan suatu pola kombinasi kompleks antara Tulisan, Warna, Gambar dan Ruang  yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang biasa menggabungkan elemen-elemen ini , sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang dapat memberikan informasi kepada siapa saja yang melihatnya.

Naahh coba sekarang kita tanyakan pada para ahli apa itu desain grafis …

1.SUYANTO

Menurut Suyanto … Desain Grafis adalah aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri”. Aplikasi-aplikasi ini dapat meliputi periklanan dan penjualan produk, menciptakan identitas visual untuk institusi, produk dan perusahaan, dan lingkungan grafis, desain informasi, dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi.

2.JESSICA HELFAND

Desain Grafis adalah kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat.

3.BLANCHARD

Desain Grafis adalah suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni dan proses dalam menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan.

 

Bagaimana … ?? Sudah mendapat bayangan tentang apa itu Desain Grafis .. ?? Okelahhh pastinya sudah ada meskipun masih remang-remang .. hehe

karena memang pada intinya kita harus terjun langsung dan bergelut dengan desain grafis itu sendiri untuk mendapatkan pengertian yang tepat sesuai dengan apa yang kita alami dan rasakan tentunya …

Contoh-contoh yang membentuk komunikasi grafis :

  •  Media Komunikasi cetak/ visual

Contoh : Poster (dalam dan luar), stiker, sampul buku, pembungkus, selipat (folder), selebaran

(leafleat), amplop, dan kop surat, tas belanja, katalog, iklan majalah dan surat kabar.

  • Media Luar Ruang

Contoh : Spanduk (banner), papan nama, umbul-umbul, neon box, neon sign, billboard, baliho,

mobil boks.

  • Media elektronik

Contoh : Radio, televisi, internet, film, program video, animasi computer.

  •  Tempat pajang (display)

Contoh : Etalase (window display), point of purchase, desain gantung, floor stand.

  • Barang Kenangan

Contoh : Kaos, topi, payung, gelas, aneka souvenir,tas, dan sebagainya.

Ada beberapa aplikasi yang digunakan dalam mengolah desain grafis diantaranya

1.Aplikasi Pengolah Layout
Aplikasi ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan brosur, pamflet, booklet, poster, dan lain yang sejenis. Contoh aplikasi ini adalah:
– Adobe In Design
– Adobe PageMaker
– Corel Ventura
– Microsoft Publisher

  1. Aplikasi Pengolah Vektor/Garis
    Aplikasi ini digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program. Contohnya:

– Adobe Illustrator
– CorelDraw
– Metacreations Expression
– Micrografx Designer

  1. Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar
    Aplikasi ini sering digunakan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching). Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggapa sebagai kumpulan pixel.
    Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah:

– Adobe Photoshop
– Corel Photo Paint
– Micrografx Picture Publisher
– Microsoft Photo Editor

Sumber: Internet