Apa itu desain grafis

0
138

Apa itu desaain grafis

 

Desain grafis sangat penting untuk kita ketahui, jangan sampai kita sering mendengar kata desain grafis namun kita tidak tahu definisi dari desain grafis tersebut.

Desain Grafis adalah ide atau rancangan yang membutuhkan pemikiran dan jiwa seni untuk menyampaikan sebuah pesan informasi dengan cara menggabungkan unsur kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi, sehingga seorang desainer mampu menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar.

Maka dapat disimpulkan bahwa Desain Grafis itu adalah seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, dan gambar, dalam hal ini komunikasi yang dimaksud adalah komunikasi visual. Pada dasarnya komunikasi itu bertujuan untuk menyampaikan informasi, maka dalam hal ini desain grafis itu berfungsi sebagai media bagi perancang dalam menyampaikan pesan hatinya, pesan informasi tersebut disampaikan dengan cara yang kreatif dan penuh dengan keindahan atau biasa kita kenal dengan seni

Seni desain grafis mencakup kemampuan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak adapun penjelasan untuk masing-masing keterampilan tersebut yaitu sebagai berikut :

  1. Seni Visual

Ilmu yang termasuk dalam seni visual antara lain adalah fotografi dan digital imaging.

  1. Tipografi

Tipografi merupakan seni dalam merancang, menyusun dan memodifikasi huruf. Tipografi melibatkan beberapa pengaturan pada huruf seperti ukuran huruf, jenis huruf, tracking (jarak antar huruf secara umum), kerning (jarak antar dua huruf yang spesifik), dan leading (jarak antar baris).

  1. Tata Letak

Tata letak adalah seni dalam menyusun elemen (konten) yang ada pada sebuah halaman, seperti penempatan gambar dan teks. Ketrampilan ini umumnya digunakan dalam media cetak seperti majalah, buku, koran, tabloid, dsb. Tata letak pada sebuah media cetak yang baik akan menambah kenyamanan pembacanya.

 

  1. Desain Interaksi

seiring berkembangnya dunia teknologi informasi maka ditemukan sebuah konsep yang sangat berguna bagi pengembang perangkat lunak dalam membuat tampilan software dan tampilan halamana web, konsep ini adalah Graphical User Interface (GUI), unsur yang terdapat dalam GUI ini seperti tombol, form, menu dan lain-lain

sejak ditemukannya konsep GUI ini, para pengembang perangkat lunak selalu berusaha meningkatkan tampilan software dan tampilan dari halaman web. hal ini bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan software dan halaman web

untuk memudahkan proses pengembangan software dan halaman web, maka dalam hal ini pengembang perangkat lunak bekerja sama dengan Desainer grafis dalam merancang tampilan perangkat lunak, jadi dalam hal ini para Desainer grafis juga berperan dalam meningkatkan kenyamanan pengguna saat menggunakan perangkat lunak atau mengunjungi halaman web.

Leave a Reply