Alat – Alat Teknik Digital dan Penggunannya

Ayo sahabat desain, kita ketahui bersama-sama, apa saja yang berkaitan erat dengan dunia desain grafis dan teknik digital, agar kita tidak salah dan ketinggalan informasi di zaman yang modern ini. Berikut adalah nama – nama alat digital beserta penggunannya :

  1. Kamera

Untuk menghasilkan gambar atau foto sebagai objek desain. File yang dihasilkan haruslah besar dan beresolusi  tinggi agar saat penggunaannya,  gambar tidak pecah dan hasilnya bisa memuaskan.

  1. Printer

Printer yang digunakan biasanya EPSON dan CANON, dan sistem yang digunakan adalah CIS (Cloning Infus System) non-cartridge yang mempunyai kelebihan berupa hasil cetakan lebih cerah dan yang terpenting biayanya ternyata lebih murah.

  1. UPS (Un Interrupted Power System)

Agar peralatan /perangkat bisa tahan lama saat tegangan listrik tidak lagi stabil. Hal ini bisa menjaga kekuatan PC , Printer, filament (pengering) pada alat mesin press.

  1. Komputer

Agar kita bisa bekerja dengan baik dan  maksimal, serta program yang kita jalankan bisa bekerja secara optimum, maka komputer yang kita gunakan haruslah memenuhi kriteri-kriteria standar yang ada. Semakin tinggi RAM maka performa/kerja komputer akan semakin baik.

  1. Mesin Press Kaos

Untuk mencetak hasil desain foto di kaos, keramik, dll. Mesin ini berdaya 2000 watt/220 volt, dengan digital timing. Dalam penggunaannya untuk sekali produksi  sebuah kaos hanya butuh waktu 30 detik. Cepat sekali bukan.Ukuran mesinnya 40 x 40 cm.

  1. Mesin Press Mug

Untuk mencetak desain foto di atas mug. Tenaga listrik 600 watt/220 volt, lengkap dengan digital control untuk memudahkan kita dalam proses pengoperasiannya. Mesin ini didesain melengkung agar mudah mengikuti tekstur bentuk mug. Sekali cetak membutuhkan waktu 45 detik

  1. Mesin Press Pin

Untuk mencetak desain foto di atas Pin. Pengerjaannya secara manual,  dengan menekan atau menarik pegangannya  ke bawah, seperti  hendak memompa air. Berat mesin ini sekitar 3 kg.

  1. Moulding

Sebuah lingkaran logam yang berguna untuk mengepress pin menjadi satu. Ternyata pin yang biasa kita gunakan terdiri dari dua lingkaran. Bagian kiri untuk meletakkan seng dan plastik bening, bagian kanan untuk menempelkan plastik yang sudah diberi peniti. Ukuran moulding beragam,  dari 33 mm, 44 mm, 58 mm (ini adalah ukuran yang sering digunakan) dan 75 mm.

  1. Mesin Press ID Card

Mesin ini lebih kita kenal dengan mesin Laminating. Untuk mengepress bahan PVC. Tenaga  listrik 600 watt/220 volt.

  1. Alat Pemotong (Punch Cutter)

Untuk memotong hasil desain ID Card yang sudah dilaminting.

  1. Alat Pelubang (Hole Maker)

Sebagai pelubang ID Card yang berguna untuk mengaitkan tali atau plastik.

 

Terima kasih semoga bisa bermanfaat..

selalu berkarya dan berkreatifitas sahabat desain dimanapun kita berada.

sumber image : google image