adobe illustrator simple geometrical pattern

  1. Membuat background untuk pola dasar

Kami akan mulai dengan menggambar latar belakang untuk pola kami. Pilih Rectangle Tool (M) dan klik pada Artboard. Dalam jendela dialog baru, masukkan 100 px untuk Lebar dan 100 px untuk Tinggi. Kemudian klik OK.

Kami memilih warna mint, tetapi jika Kalian ingin sesuatu yang lain, jangan ragu-ragu untuk menggunakan warna apapun.

http://www.tutorialdesaingrafis.com2. membuat shape yang berulang untuk pattern
langkah 1
Sekarang mari kita buat sebuah bentuk berulang untuk Pattern-nya. Hapus isi warna dan atur warna stroke menjadi warna hitam. Nanti kita akan mengubahnya menjadi putih, tapi sekarang kami ingin melihatnya dengan jelas.
Ambil Ellipse Tool (L) pada panel Tools dan klik pada artboard. Pada jendela dialog baru, masukkan 20 px untuk Lebar dan 20 px untuk Tinggi, dan klik OK.
Tekan Alt (untuk membuat salinan) dan shift, lihat ke bawah lingkaran. Sekarang Kalian memiliki dua lingkaran. Jauhkan mereka dipilih. Sekarang gunakan Rotate Tool (R), dan kemudian pada keyboard Kalian tekan Enter. Sebuah jendela dialog baru akan muncul dan menanyakan berapa derajat yang Kalian inginkan. Masukkan Angle 90 derajat dan tekan Copy.
Kita hampir selesai membuat bentuk pattern, hanya perlu mengubahnya menjadi satu bentuk. Pergi ke panel Pathfinder dan tekan Unite. Sekarang kita memiliki bentuk pattern yang telah digabung. Hasilnya seperti gambar dibawah.
http://www.tutorialdesaingrafis.comlangkah 2
Tempatkan bentuk pada background berwarna mint yang telah kita buat pada langkah sebelumnya. Ubah warna stroke hitam menjadi putih. Atur Stroke Weight pada panel Stroke sesuai dengan keinginan Kalian. Kemudian perluas bentuk Stroke Pattern menggunakan (Object > Expand).
Mari kita selaraskan semuanya di sini. Pastikan untuk memeriksa Align to Selection option pada panel Align. Pertahankan keduanya yang telah Kalian pilih (background dan bentuk tunggal pattern), dan tekan Horizontal Align Center dan Vertical Align Center. Hasilnya seperti gambar dibawah
http://www.tutorialdesaingrafis.com3. membuat pettern
langkah 1
Sekarang kita pindahkan bentuk pattern yang telah dibuat. Tapi untuk memindahkannya dengan tepat, kita perlu mengaktifkan Smart Guides. Jadi, mari kita pergi ke View > Smart Guides (Control-U).
Tekan tombol Alt dan pindahkan bentuk pattern (sekarang kita akan menyebutnya dengan RSh) dari tengah ke atas. Kalian perlu menahan tombol Alt, karena ini membantu kalian untuk membuat salinan atau mengkopi pattern tersebut. Smart Guides akan membantu Kalian untuk menempatkan pusat RSH persis di sisi atas dari kotak background atau pattern. Hasilnya seperti gambar dibawah.
http://www.tutorialdesaingrafis.comlangkah 2
tekan alt dan alihkan rsh ke bawah
http://www.tutorialdesaingrafis.com
langkah 3
tahan tombol alt pindahkan rsh ke bawah
http://www.tutorialdesaingrafis.comlangkah 4
Kemudian tahan lagi tombol Alt, pindahkan rsh ke sisi kanan.
http://www.tutorialdesaingrafis.comlangkah 5
Pada langkah ini, kami tidak mengambil rsh yang asli dari tengah, karena sulit untuk menyeret bentuk yang sama secara diagonal. Itulah mengapa kami mengambil rsh sebelah kiri tengah dan menyeretnya ke atas.

http://www.tutorialdesaingrafis.com

Pada gambar di bawah, Kalian dapat melihat tampilannya ketika kami mencoba untuk menyeret rsh pusat di bagian tengan background secara diagonal. Kalian dapat melihat bahwa dY tidak menjadi 50 px, tapi malah menjadi 49,67 px, yang artinya nilai ukurannya tidak tepat.
Jika Kalian melakukan dan hasilnya terlihat seperti ini, kami sarankan untuk tidak memindah pattern secara diagonal, melainkan secara lurus kesamping atau keatas. Jika secara diagonal akan terlihat seperti gambar dibawah. Yang artinya ukuran yang kalian hasilkan tidak tepat.
http://www.tutorialdesaingrafis.comlangkah 6
Tahan tombol Alt, tarik rsh sisi atas bagian tengah ke kanan. Hasilnya seperti gambar dibawah.
http://www.tutorialdesaingrafis.comlangkah 7
Tahan tombol Alt, tarik rsh sisi kanan bagian tengah ke bawah. hasilnya seperti gambar dibawah.
http://www.tutorialdesaingrafis.comlangkah 8
Tahan tombol Alt, tarik rsh sisi tengah bagian bawah ke kiri.
http://www.tutorialdesaingrafis.comlangkah 9
Jika Kalian memilih semuanya (Control-A), Kalian akan memiliki hasil yang sama seperti gambar di bawah ini. Pilih semua rsh (pertama hanya pilih satu, kemudian pergi ke Select > Same > Fill Color) dan kelompokan pattern menjadi satu (klik kanan > Group). Kami ingin mengelompokan pattern, karena nantinya akan membantu kita untuk memotongnya dengan mudah.
http://www.tutorialdesaingrafis.comlangkah 10

Sekarang pilih saja background mint dan buatlah salinan di depan (Control-C, Control-F). Kemudian potong salinan baru (Control-X) dan tempatkan dibagian paling depan (Control-F). Tetap pilih dan kemudian pilihrsh yang telah dikelompokkan. Sekarang pergi ke panel Pathfinder dan tekan tombol Crop. Hasil akan terlihat seperti ini:

http://www.tutorialdesaingrafis.comlangkah 11
Untuk membuat pattern dari ini, Kalian perlu untuk menyeret seluruh pattern ke panel Swatches (Window> Swatches). Pilih semuanya (Control-A) dan gunakan mouse Kalian untuk memindahkannya ke panel Swatches.
http://www.tutorialdesaingrafis.com4. membuat pattern
langkah 1
Karena Kalian telah membuat dasar pattern baru, Kalian dapat dengan aman menghapus segala sesuatu dari artboard Kalian. Kemudian pilih Rectangle Tool (M) dan buatlah persegi dengan ukuran 600 px untuk Lebar dan Tinggi. Pergi lagi ke panel Swatches (Window> Swatches) dan pilih pattern baru yang baru saja Kalian buat.
http://www.tutorialdesaingrafis.com
langkah 2
Sekarang, mari kita lihat bagaimana kita dapat mengubah warna dari pattern yang telah kita buat. Pilih persegi dengan geometrical pattern dan pergi ke Edit > Edit Colors > Recolor Artwork. Pada jendela dialog baru, tekan tombol Edit, lalu tekan tombol kecil yang terlihat seperti rantai (terletak dibagian bawah kanan lingkaran warna) dan kemudian cukup tarik warna untuk menentukan pilihan warna. Nikmati hasilnya, bagaimana warna berubah pada pattern Kalian.
http://www.tutorialdesaingrafis.comlangkah 3
Jika Anda ingin pola yang sama tetapi dengan rsh lebih kecil, pilih pattern tersebut dan klik kanan > Transform > Scale. Masukkan opsi berikut di jendela dialog baru:
http://www.tutorialdesaingrafis.comterimah kasih semoga bermanfaat. artikel ini saduran dari design tutplus.