6 Aplikasi Open Source Gratis Alternatif Pengganti Corel Draw

coreldrawSiapa yang tidak kenal dengan Corel Draw? Banyak sekali! Ada Pak Tani, Bu Tani, Nak Tani, Tukang Gali Kubur, maling sendal orang, maling harta orang se-indonesia. Tapi ada juga loh maling sendal orang yang bisa jadi merupakan seorang desainer grafis yang ahli menggunakan corel draw. Tapi bukan itu yang akan dibahas pada artikel kali ini. Sudah! Tarik nafas lalu buang.

Corel Draw sangat digemari para desainer terutama specialis print design. Desain yang berhubungan langsung dengan cetak-mencetak. Corel Draw merupakan sebuah software desain grafis yang basisnya adalah vector, dan sudah barang tentu mendukung bitmap pula. Tapi paling tidak memang Corel Draw sangat unggul sekali dalam membuat desain berjenis vector. Dalam bahasa sundanya itu Powerfull i luph yu pull.

Namun pastinya untuk mendapatkan lisensi software yang asli diperlukan banyak sekali uang yang harus dikeluarkan dari kantung Anda. Ngeri sekali. Terlebih lagi jika Anda seorang yang berhubungan dengan lembaga swasta atau pemerintah yang mengharuskan menggunakan software yang asli. Habis sudah. Skak mat.

Nah berikut adalah solusinya, menggunakan aplikasi open source alternatif dari Corel Draw. Yang setidaknya punya kemampuan hampir menyamai Corel Draw. Apa saja itu?
1. InkScape

Saya jamin beberapa di antara Anda sekalian sudah mengetahui betul mengenai InkScape. InkScape termasuk populer, alternatif orang yang menggunakan Corel Draw. InkScape merupakan aplikasi open source untuk desain grafis berjenis vector. Inkscape memiliki fitur yang paling dekat dengan Corel Draw. Aplikasi ini tersedia untuk Mac Os, Linux dan Windows. Berikut adalah screenshoot dari aplikasi tersebut.

cr

2. Xara Xtreme

Xara Xtreme merupakan alternatif Corel Draw yang lumayan powerfull. Namun sayangnya saat ini aplikasi Xara Xtreme yang opensource nan gratis itu hanya berjalan di Linux, FreeBSD, dan OS-X. Xara terdiri dari banyak sekali fitur tools desain grafis. Dan xara pun termasuk aplikasi vector yang lumayan paling ringan dan cepat di dunia. Dan walaupun di linux tapi GUI nya pun sudah sangat user friendly.

cr1

3. Apache OpenOffice Draw

OpenOffice merupakan salah satu tools yang dibundling ke dalam aplikasi pengolah dokumen dari open office. Fitur-fiturnya memudahkan dalam membuat image berbasis vector. Walaupun tidak sepowerfull tapi jika Anda kreatif pun bisa menghasilkan image sekelas coreldraw. Ada beberapa fitur CorelDraw yang dimasukkan ke dalam Open Office draw seperti 3D controller membuat shape image (gambar bentuk) memiliki seolah-olah tampilan 3D. Di openoffice draw pun sudah tersedia fasilitas import beragam jenis format gambar seperti GIF, PNG, WMF, BMP, JPEG and TIFF.

cr2

4. Skencil

Skencil adalah salah satu alternatif dari CorelDraw, murah bahkan gratis. Aplikasi ini memungkinkan Anad untuk membuat diagram maupun ilustrasi gambar, dan banyak sekali fitur yang tersedia. Tentunya memaksa kita untuk kreatif dalam menghasilkan karya berbasis vector. Fitur-fitur yang mantap diantaranya bezier curve, gradient fill, transformed text dan image, blend group, ellipse, dan kemampuan untuk menulis ke dalam format EPS. Software ini bisa dijalankan di berbagai platform seperti FreeBSD, Solaris 8, 9, Mac OS X and GNU/Linux.

cr3

5. sK1

Sk1 juga merupakan aplikasi open source yang fokus kepada pembuatan gambar illustrasi berbasis vecotr. Sayangnya baru disediakan untuk berjalan di Linux saja. Sk1 bisa dijadikan sebagai alternatif yang betul-betul menggantikan CorelDraw maupun Adobe Illustrator. Sk1 sudah mendukung Unique project, formats importers, tabbed multidocument interface, Cairo-based engine, and color management. Dan juga sudah mendukung publish ke format professional seperti format CMYK, Separasi, ICC Color Managemtn, maupun bisa di ekspor ke dalam PDF.

cr4

6. Karbon

Karbon merupakan editor yang mengkhususkan kepada pembuatan gambar berjenis vector, Karbon itu sebetulnya salah satu komponen aplikasi yang dibundling dengan calligra suite, sebuah aplikasi yang sudah tersedia untuk KDE. Karbon sangat cocok sekali digunakan oleh para pemula, karena mudah digunakan. Karbon memungkinkan Anda untuk menggambar vector, finger painting, maupun manipulasi image sekalipun, atau membuat icon dan banyak lagi. Karbon pun tersedia untuk windows maupun linux. Yang jelas, karbon memiliki interface tata muka yang sangat memudahkan user pemula. Bisa dicoba.

cr5

 

sumber dari : ilmuwebsite.com