5 Membanggakan Menjadi Desain Grafis

Sungguh Membanggakan buat saya ketika saya belajar Desain Grafis di RGI sawangan Depok, saya bisa menularkan kekreatipan saya di desain Grafis ini walaupun tak seberapa karya saya, tapi saya bangga bisa belajar Desain Grapis. Dan pada kesempatan ini saya akan menjabarkan 5 kebanggaan menjadi Desain Grafis yang saya sadur di desainstudio.com.

1. Agen Perubahan (Agent of Changes)

Coba lihat sejenak sekeliling kita, dan perhatikan goresan-goresan yang menempel di berbagai media. Seperti logo, banner, kaos, ilustrasi, majalah, iklan, tabloid, koran, amplop, stiker, brosur, undangan, leaflet, pamflet, dan bahkan relief di Candi Borobudur pun merupakan hasil karya seorang Desainer. Terlalu banyak deh kalau harus disebutkan satu per satu. So, seorang Desainer Grafis adalah Agent Perubahan yang merubah wajah dunia lebih berwarna. Bayangkan kalau semua itu nggak ada. Desain Grafis pun fleksibel dan dinamis, mampu mengikuti perkembangan zaman. Makanya seorang Desainer Grafis itu dituntut untuk up to date dan kreatif. Jadi, bisa dibilang kalau seorang Desainer Grafis itu adalah orang yang membawa perubahan bagi dunia ini. Tergantung dari diri seorang Desainer Grafis, akan berubah ke mana, ke arah yang positf atau negatif? So, apa pilihanmu?

2. Dinamis (Dynamic)

Kalau kita perhatikan seorang Teller yang pekerjaannya menghitung uang di bank (dengan pekerjaan yang sama hampir setiap hari) atau Dosen/Guru yang pekerjaanya mengajar materi yang (at least) sama hampir setiap harinya, berbeda dengan seorang Dsainer Grafis yang setiap pekerjaannya menuntut perubahan dan kreativitas. Jadi, seorang Desainer Grafis dituntut untuk open minded/terbuka dengan segala kemungkinan-kemungkinan baru.

3. Up to Date

Seorang Desainer Grafis selalu up to date dengan dunia luar baik secara on line maupun off line. Tidak hanya dengan dunia desain dan seni yang menginspirasi Desainer Grafis. Dunia politik, dunia ekonomi, olahraga, lingkungan, isu-isu hangat dan trend yang tengah berkembang di masyarakat bisa menjadi inspirasi dari karya besar seorang Desainer Grafis.

4. Melakukan Sesuatu (Did Something)

Ada 3 jenis orang di dunia ini:

1) Orang yang membuat sesuatu terwujud,

2) Orang yang melihat orang lain mewujudkan sesuatu, dan

3) Orang yang tidak tahu kalau sesuatu telah terwujud.

Berbanggalah buat kamu yang berprofesi sebagai Desainer Grafis. Why? Karena kamu tidak hanya berpikir dari 0 (nol) tapi kamu juga mewujudkannya. Congratz! Desainer Grafis ada untuk mewujudkan pikiran seseorang ke dalam bentuk visual untuk menyampaikan pesan dan informasi yang terkandung di dalamnya. Contoh sepele, misalnya poster yang kamu buat dan dipajang dipinggir jalan.

5. Kreatif (Creative)

Desainer Grafis tidak hanya dituntut dalam pola pikir dengan otak kanan (seni dan bahasa) tapi juga pola pikir dengan otak kiri. Why? Karena sebuah desain membutuhkan presisi ukuran dan perspektif yang tepat dan akurat. Nah, kalau nggak tepat kan bisa melenceng, miring, atau bahkan kedodoran. Bersyukurlah dengan poin satu ini menjadi seorang Desainer Grafis.  So, bersyukur kepada Maha Kreatif Allah SWT yang telah mendesain segala sesuatunya dengan presisi, perspektif, tepat dan akurat.

Sumber: desainstudio.com (disadur dengan suntingan seperlunya)