5 Aplikasi penting pendukung Desainer Grafis

0
70

Selain menguasai aplikasi grafis seperti Photoshop, Corel draw, Illustrator dsb, ada aplikasi pendukung yang diperlukan oleh desainer grafis tujuannya untuk mempermudah pekerjaan yang sedang dilakukan. Apa saja aplikasi tersebut? simak artikel ini.

  1. Aplikasi pengelola font

Sebenarnya Window menyediakan manager font dan juga font viewer tetapi font-font yang kita instal tertanam dalam system, sehingga apabila font yang kita miliki ribuan jenis maka akan mempengaruhi kinerja komputer kita. Seorang desainer grafis membutuhkan banyak koleksi font agar dapat membuat sebuah karya yang variatif, untuk itu kita membutuhkan aplikasi tambahan untuk mengelola banyaknya font yang kita miliki, dengan menggunakan font manager kita dapat dengan mudah memilih jenis font yang kita sukai. Apa saja aplikasi pengelola font itu, berikut ini aplikasi yang dapat Anda gunakan :

 

Nexus font adalah aplikasi font manager gratisan (Freeware) selain menampilkan semua font yang sudah terinstal kita juga dapat menampilkan font yang berada di dalam folder tertentu, cara membuat folder pun sangat mudah kita hanya klik menu dan pilih Add folder. Kita dapat membagi font di dalam folder dengan kategori font yang sama misal : font Decorative berada pada folder Decorative dsb. Selain Nexus font Anda juga dapat menggunakan aplikasi sejenis seperti AMP font viewerFont FrenzyFont Runner dll.

 

Keuntungan Menggunakan Font Manager

  • Memudahkan 

Kita dapat dengan mudah menginstall font tanpa harus ke folder system.

  • Melindungi 

Ketika kita mencoba menghapus font tanpa disengaja maka ini tidak akan terjadi.

  • Mengatur 

Tergantung dari font manager, kita mungkin bisa menyimpan font di dua folder berbeda untuk mempertahankan beberapa pengaturan.

  • Dynamic loading dari font untuk mengurangi penggunaan system resource 

Tergantung dari font manager, beberapa mungkin melakukan load dan tidak melakukan load ketika startup.

  1. Aplikasi pengelola gambar

Dengan aplikasi pengelola gambar kita bisa dengan mudah me-manage gambar-gambar yang kita miliki, merubah size, sekedar mencerahkan foto dll.

 

Aplikasi gratisan ini dapat digunakan untuk brwose dan menampilkan gambar dalam interface sepeti window explorer. Aolikasi ini mendukung semua format gambar seperti BMP, Gif, ICO, Jpeg, Jpeg 2000, PSD, Png, Tiff, Taf dan WMF, dengan aplikasi ini kita dapat memformat gambar dari satu format ke format lainnya, misalnya format PSD dapat langsung diformat menjadi Jpeg tanpa harus membuka apliksai Photoshop, dan yang paling saya sukai aplikasi ini sangat ringan tidak memberatkan komputer. Aplikasi pengelola gambar lain yang dapat Anda gunakan Windows Live Photo Gallery IrfanView dll.

  1. Aplikasi skema warna

Dengan aplikasi ini kita akan dimudahkan dalam penyesuaian warna pada sebuah desain, terutama pada desain web. Sebagai desainer grafis kita tidak bisa jauh dari warna, karena dengan penyesuaian warna kita dapat membuat hasil desain yang lebih baik.

 

Aplikasi ini berbayar (shareware) Color Scemer studio adalah aplikasi perpaduan warna profesional yang akan membantu kita membuat skema warna yang indah, dengan cepat dan mudah. Apliakasi ini dapat memilih dan menentukan warna yang kita kehendaki untuk diterapkan pada sebuah desain.

  1. Aplikasi capture image

Aplikasi ini biasanya digunakan sebagai alat bantu untuk membuat tutorial yaitu screenshot gambar yang berada dilayar monitor.

 

Aplikasi adalah aplikasi untuk mengambil gambar (screenshot) yang cara menggunakannya sangat mudah, aplikasi ini tidak gratis (shareware) dimana kita iperbolehkan untuk mencoba aplikasi ini dalam beberapa hari saja (trial) selain mengambil gambar Snagit juga mempunyai fitur “Snagit editor” untuk mengedit gambar hasil screenshot, kita bisa memberikan keterangan teks, tanda panah, tanda lingkar dll untuk memberi keterangan dalam membuat tutorial tertulis. Selain Snagit Anda juga dapat menggunakan aplikasi gratisan seperti TNT Screen Capture, SnapDraw, Screenshot Captor dll.

  1. Aplikasi capture video

Aplikasi capture digunakan untuk merekam semua aktifitas kita dilayar monitor, aplikasi ini untuk mereka yang suka berbagi ilmunya lewat video tutorial.

 

Camtasia studio adalah aplikasi perekam video atau layar komputer yang diterbitkan oleh TechSmith. Dengan Camtasia studio kita bisa mengatur area layar yang akan ditangkap/rekam, aplikasi ini memudahkan kita dalam pembuatan video tutorial setelah merekan kita bisa mengedit hasil rekaman itu dan dapat langsung di share ke Youtube atau dapat disimpan ke komputer. Selain Camtasia studio Anda dapat menggunakan aplikasi gratis seperti Free Screen Video Recorder.
 

 

Demikianlah ulasan tentang aplikasi penting pendukung desainer grafis menurut versi saya. Bagaimana menurut Anda? Adakah aplikasi lain selain yang disebutkan diatas, kalau ada silahkan berbagi dikolom komentar yang disediakan

 

 

Leave a Reply