Arti Warna Dalam Desain Grafis

Arti warna dalam dunia desain

Arti warna dalam dunia desain

Dalam membuat sebuah desain kita tentunya harus punya skill desain yang menarik sehingga orang kan tertarik dengan desain kita. Tampilan yang kan kita buat tentunya harus sesuai pesanan. Pembuatan sebuah desain harus mampu membuat klien tertaik baik dari tulisannya, bentuknya, maupun warnanya. Dalam desain warna sangat berpengaruh terhadap psikologi seseorang dan setiap warna itu juga mempunyai arti masing – masing. Nah, kali ini kita akan membahas arti dari beberapa warna yang umum.

  1. MERAH
    Warna merah identik dengan api, kekerasan dan peperangan, tetapi warna merah juga bisa diasosiasikan dengan gairah dan cinta. Di negara Cina warna merah melambangkan kemakmuran, kebahagiaan dan peruntungan sedangkan di Afrika warna merah berarti berkabung atau kepedulian untuk sesama. Dalam hal desain warna merah memiliki aksen yang kuat dan menggambarkan kekuatan dan gairah. Warna merah gelap menggambarkan sesuatu yang elegan sedangkan warna merah yang terang menggambarkan nuansa yang enerjik dan antusian dalam berbisnis.
  2. KUNING
    Warna ini dianggap warna yang paling cerah diantara warna yang lainnya, warna kuning memberikan kesan kegembiaraan dan matahari. Beberapa negara mempunyai makna yang berbeda, di Indonesia warna kuning identik dengan berduka, di negara india merupakan symbol perdagangan sedangkan di jepang warna kuning berarti keberanian. jika dipadukan dengan warna yang gelap kesan kegembiraan akan hilang tetapi menjadikan kesan yang lebih tegas dan serius.
  3. ORANYE
    Oranye merupakan kombinasi warna antara merah dan kuning. warna oranye memberikan kesan bersemangat dan enerjik. Di negara Amerika warna ini sama dengan nama buah yaitu jeruk dengan begitu di Amerika warna oranye mengandung makna tentang kesehatan. Dalam dunia desain warna oranye mudah untuk kontras warna dan mengandung arti perhatian karena dianggap lebih ramah dibandingkan warna yang lainnya.
  4. HIJAU
    Warna hijau memiliki kesan yang natural atau warna yang membumi, warna ini juga menenangkan dan santai tetapi hijau juga mengandung arti kurang berpengalaman.
    Dalam dunia desain warna hijau memberikan nuansa yang segar sangat cocok untuk perusahaan kesehatan, makanan, wisata maupun keuangan.
  5. BIRU
    Dalam dunia desain warna biru memiliki kesan tenang dan bertanggung jawab serta profesional. warna biru tua bisa memberikan pola pikir yang jernih sedangkan biru muda bisa merangsang ketenangan dan juga konsentrasi. warna ini sangat cocok dalam dunia bisnis karena memberikan arti keseimbangan, ketenangan serta serius.
  6. UNGU
    Warna ungu merupakan gabungan warna merah dan biru, warna ini memberikan kesan kedamaian dan saling memahami. Ungu gelap memberikan kesan tentang kakayaan dan kerajaan sedangkan ungu muda memberikan perasaan romantis.
    Dalam membuat logo warna ini sangat elegan cocok untuk perusahaan yang bergerak dibidang kecantikan, perhiasan dan kemewahan.
  7. COKLAT
    warna coklat memberikan kesan alami, sederhana dan kenyamanan akan tetapi warna ini juga memberikan arti gagah dan juga maskulin. Dalam dunia desain warna coklat tua biasanya dipakai sebagai latar belakang sedangkan coklat muda yang lebih mendekati warna emas jika di pakai untuk warna logo akan memberikan kesan kemewahan serta elegan.
  8. HITAM
    Warna hitam adalah warna yang kuat dan netral. jika dilihat dari sisi negatif warna ini melambangkan kejahatan. Jika sahabat belajar desain sedang membuat logo cobalah untuk menampilkan dalam warna hitam karena warna ini memberikan kesan yang kuat dan kokoh serta elegan.
  9. PUTIH
    Warna putih adalah warna yang murni. warna ini memberikan kesan kebebasan dan damai. Pada rumah sakit menggunakan warna ini untuk memberikan nuansa yang bersih dan steril. Dalam dunia desain warna ini biasanya dipakai untuk latar belakang.semoga bermanfaat.