10 Tips Meningkatkan Kemampuan Sebagai Desainer Grafis

0
174

desain-grafis

Desain grafis adalah bidang yang dinamis,selalu berubah dengan cepat baik secara teknis maupun kreatif. Kita tidak bisa stagnan dalam satu posisi sementara dunia luar telah berubah pada sisi yang lain.  Mau tak mau kita harus meningkatkan kemampuan sebagai desainer grafis, keluar dari kotak dan menemukan hal-hal baru agar mampu bersaing dengan mengandalkan kemampuan kita.

Anda yang harus mendidik diri sendiri menjadi lebih berkembang.  Jangan takut ‘melanggar’ karena tidak ada pakem nyata dalam desain grafis. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menumbuhkembangkan kreativitas dalam diri agar tidak ketinggalan jaman dan mampu mengikuti perkembangan desain grafis yang selalu berubah dari waktu ke waktu.

Menjadi Kolektor

Banyak hal yang menarik disekitar kita. Ketika menemukan desain yang menarik dan menginspirasi, simpan itu. Baik itu gambar-gambar dari internet, poster, majalah, tabloid dll.  Simpan dengan rapi dan tertata sehingga bisa dengan mudah diakses kapan saja.  Jika Anda menyimpan file-file dari internet, manajemen folder sangat penting diperhatikan.  Beri nama dengan jelas pada setiap folder masing-masing hal. Misalnya poster, brosur, manipulasi gambar dll.

membeli-buku

Membeli Buku

Koleksi buku sebanyak-banyaknya.  Buku tidak akan busuk meskipun disimpan dalam waktu lama.  Sisihkan uang jajan, dan buat target untuk membeli buku 1 dalam sebulan misalnya. Cari buku-buku yang menginspirasi, baik itu majalah maupun buku karya para master dibidangnya.  Tidak rugi jalan-jalan sebulan sekali ke Gramedia misalnya.  Selain penyegaran mata, siapa tau menemukan buku baru yang menari untuk dikoleksi.

Membaca Blog Desain

Internet adalah dunia yang tak terbatas. Hal apapun bisa kamu temuka di internet.  Cari blog-blog yang mengupas tentang desain grafis untuk menemukan inspirasi baru dan tahu perkembangan desain grafis. Jika kebingungan, cukup ketik keyword di Google dan kamu akan dibawa menjelajahi dunia tanpa batas.  Jangan lupa mem-bookmark website atau blog yang menarik dan menginspirasi.

 

membuat blogMembuat Blog Desain

Dulu saya membuat blog desain karena berfikir untuk mendokumentasi apa yang saya tahu dan temukan.  Ketika kamu mempunyai blog, pasti akan merangsang diri lebih aktif, baik itu aktif menulis maupun berselancar mencari hal baru.  Keuntungannya, kamu akan mempunyai dokumen pribadi, selain itu kamu bisa berinteraksi dengan banyak orang melalui blog.  Gunakan layanan blog gratis semacam WordPress atau Blogger atau akan lebih bagus jika menggunakan domain dan hosting pribadi.  Tidak harus menggunakan paket yang mahal, sesuaikan budgetmu. Coba cek di Hosting Murah Indonesia, dan kamu bisa pilih paket yang sesuai.

Bergabung dan Aktif di Komunitas Desain

Komunitas bisa menjadi sumber inspirasi yang luar biasa.  Apalagi jika kamu seorang freelancer.  Anda tentu butuh obrolan, kritik dan sharing. Tidak hanya mengimprovisasi diri tetapi akan dengan cepat mengikuti perkembangan sehingga akan meningkatkan kemampuan sebagai desainer grafis.  Cobalah bergabung dengan komunitas desain di Kaskus, atau bergabung dengan banyak group di Facebook yang bertebaran.  Jika kamu aktif di Twitter, tak ada salahnya kamu follow para master dibidang desain grafis.

Mengambil Banyak Foto

Sebagai manusia, apalagi yang masih muda tentu suka jalan-jalan.  Kemanapun, baik itu rekreasi, nongkrong, ke kafe, ke mall, ngopi bareng temen dll.  Tanpa kita sadari banyak hal yang menarik disekitar kita. Ketika menemukan suatu yang menarik, kenapa tidak kita jepret sebagai dokumentasi.  Handphone jaman sekarang sudah dibenamkan kamera yang bagus-bagus, meskipun jika pake kamera digital akan lebih baik ????

Membuat Proyek Palsu

Palsu disini bukan dalam arti negatif.  Ketika kamu sedang banyak waktu luang, cobalah membuat sebuah proyek yang ditentukan sendiri.  Pilih satu nama perusahaan lalu kerjakan proyeknya mulai dari logo, stationery sampai hal desatil jika perlu semisal brosur, poster, website dll.  Tidak ada keterbatasan disini, jadi berkreasilah seluas mungkin, out of the box.  Tidak ada klien beneran yang mengintimidasi dan mendikte, so kamu bisa berkreasi seliar mungkin.

Redesain Karya Orang Lain

Kegiatan ini ini bisa memicu kemampuan pro aktif.  Suatu kali kamu menemukan sebuah desain lalu muncul ide baru dari desain yang kamu lihat, cobalah mendesain ulang.  Jika membuatnya menjadi lebih baik, maka kamu telah berhasil melawan keterbatasan pikiran,

Redesain Karya Sendiri

Buka file lama pekerjaan kamu. Ketika muncul pemikiran baru yang belum terlintas saat mendesain pada waktu itu, coba bongkar ulang dan bkin desain baru.  Ini akan meningkatkan kemampuanmu.

Perbanyak Teman Desainer Grafis

Banyak teman itu tidak rugi.  Apalagi teman yang lebih berbakat dan banyak pengalaman daripada kita. Kita bisa sharing, bertanya bahkan tau tips trik tertentu yang mungkin tidak bisa ditemukan ditempat lain. Anda bisa memulai dengan menjadikan saya sebagai teman di Twitter atau Fesbuk. :)

http://idesainesia.com

Leave a Reply