Tutorial Melukis Cahaya di Photoshop

assalamualaikum WrWb

kali ini saya akan mejelaskan tentang cara melukis cahaya diphotoshop, oke guys langsung saja ke tahap pertama ,,

Langkah 1
Buka software photoshop dan buka foto, Anda dapat download gambar yang saya gunakan di: Photo 1.

Langkah 2
Lalu kemudian saya  menempatkan gambar kedua. Gunakan gambar berikut untuk membuat efek lukisan cahaya. Download disini untuk gambar berikut: Photo 2.

Langkah 3
Gunakan Pen Tool (P), untuk membuat path yang akak kita jadikan sebagai efek cahaya.

Langkah 4
Pilih Brush Tool (B) dan pergi ke Window> Brushes atau tekan  F5 untuk membuat Brush kita.Gunakan 8px untuk diameter lalu pilih Dual Brush dan Other Dynamics. Ikuti gambar di bawah ini untuk referensi.

Langkah 5
Pergi ke Layer Palette, membuat folder baru dan ubah nama menjadi lights .Setelah itu buat layer baru di dalam folder ini, dan beri nama “Dude”, lalu pilih layer.

Langkah 6
Pergi ke Path Palette dan pilih seleksi  pertama. Kemudian dengan Path Selection Tool (A),  lalu klik kanan  kemudian pilih Stroke Path. Sebuah kotak dialog akan terbuka, pilih brush dan centang Simulate Pressure.

Setelah itu pergi ke Filter> Blur> Gaussian Blur, gunakan 1.6px.

Langkah 7
Duplikasi  Layer “Dude” tiga kali.

Langkah 8
Pilih Rectangle Tool (U) dan buat persegi panjang. Kemudian duplikat persegi panjang beberapa kali. Setelah menyamakan garis  secara horizontal, akan terlihat seperti ini.

Langkah 9
Buat layer baru di dalam folder Lights. ganti nama ke “xing”. Ulangi Langkah 6 dan untuk menebalkan paths. Setelah pilih Layer “xing”  pergi Edit> Transform> Distort. Sekarang kita hanya memposisikan  agar gambar persegi panjang pas dengan jalan.

Kesimpulan
Itu mungkin cara termudah untuk membuat efek cahaya; Namun, itu tergantung pada warna dan latar belakang gambar. Jika latar belakang terlalu gelap, maka modus campuran tidak akan bekerja. Anda mungkin harus menggunakan Outer Glow untuk membuatnya Nampak bercahaya.
Kalian dapat membuat lampu yang lebih terang dengan hanya menduplikasi layer , bahkan dapat menggunakan Eraser Tool (E) untuk membuat beberapa penyesuaian pada gambar.

cukup sekian dari saya kurang dan lebihnya mohon dimaafkan ,wassalamualaikum WrWb
sumber :http://psd48.blogspot.co.id/2015/05/tutorial-melukis-cahaya-di-photoshop.html