Sisi Psikologi Dalam Sebuah Logo

0
238

Jika Anda melihat sebuah desain logo, apa yang pertama Anda pikirkan? Tentunya menarik atau tidaknya bukan? Tetapi apakah Anda tahu bahwa desain logo memiliki sisi psikologi?Psikologi dalam desain logo merupakan salah satu aspek sederhana dibalik proses pembuatan suatu logo. Biasanya berhubungan secara ekslusif dengan pilihan warna. Tetapi, sebenarnya psikologi desain logo lebih dari itu. Desain logo mengacu pada aktivitas membuat logo. Sedangkan istilah logo itu sendiri, digunakan untuk mengacu setiap symbol yang diciptakan untuk tujuan identifikasi. Jadi dapat disimpulkan bahwa psikologi dalam desain logo adalah suatu studi tentang makna yang dapat dilihat pada logo selain identifikasi.

1. Mendefinisikan Psikologi Dalam Proses Desain Logo

logo-spelled-in-greek

Apakah kalian tahu, bahwa kata logo berasal dari kata Yunani yaitu “logos” yang secara harfiah berarti “kata”? Jadi, jika Anda ingin memulai untuk mendesain suatu logo, Anda harus berpikir untuk menciptakan sebuah “kata” visual yang akan digunakan oleh orang-orang untuk mengidentifikasikan kepada siapa Anda membuat logo. Pada dasarnya, apa yang perlu Anda ingat adalah bahwa setiap atribut yang memungkinkan penciptaan makna tambahan, dapat digunakan untuk menciptakan makna, dan akan akhirnya digunakan untuk menciptakan makna.

Setiap orang akan memahami dan berinteraksi dengan logo Anda melalui perspektif pribadi mereka sendiri. Yang pada akhirnya dipimpin oleh pAndangan budaya mereka sendiri dan pengalaman pribadi. Jika orang-orang dengan tingkat pendidikan yang berbeda melihat arti yang berbeda untuk kata yang sama, kemungkinan mereka akan melakukan hal yang sama dengan logo Anda. Oleh karena itu, yang harus Anda lakukan adalah memikirkan setiap bagian dari logo Anda sebagai atribut, dan kemudian merenungkan apa setiap atribut mungkin berarti lain atau dalam arti lain Anda harus mencari tahu bagaimana orang akan menafsirkan desain logo Anda. Semakin banyak waktu yang Anda habiskan bekerja pada makna atribut ini, semakin banyak kontrol akan Anda miliki pada apa yang orang mengerti ketika membaca logo Anda. Anda bisa mencoba menekankan diri terhadap dua atribut paling penting dalam desain logo yaitu warna dan bentuk.

2. Apa Peran Warna?

color-meaning-table

Warna adalah atribut yang penting dalam desain logo. Warna memiliki arti tambahan, tetapi mereka tidak diatur. Orang-orang telah memberikan makna terhadap warna selama berabad-abad, dan proses terus-menerus menghubungkan arti yang sama dengan warna yang sama lagi dan lagi adalah apa yang akhirnya memperkuat itu. Memilih warna yang tepat untuk logo Anda akan membuat Anda selangkah lebih maju, tapi hati-hati, warna yang berbeda memiliki arti yang berbeda dalam masyarakat yang berbeda. Gambar di bawah ini menunjukkan interpretasi yang paling umum orang berikan kepada warna di negara-negara barat.

Memilih satu warna memberikan Anda kontrol lebih dari apa yang orang akan melihat logo Anda, dan di atas itu, Anda juga dapat menggunakannya sebagai strategi branding Anda. Dengan waktu orang akan mulai mengasosiasikan warna dengan merek Anda. Coba lihat beberapa contoh dibawah ini.

branding-with-color

Apapun warna yang Anda pilih, pastikan bahwa logo Anda bekerja dengan baik dalam warna background apapun. Kenapa? Pertama karena itulah praktik yang baik dan akan membantu Anda membangun identitas yang kuat, tetapi dari sisi psikologi dalam desain logo, hal itu berarti apa pun yang Anda tambahnkan dengan warna, harus selalu saling melengkapi  untuk memahami logo Anda.

 3. Apa Peran Bentuk?

bits-of-logos

Dari perspektif psikologis, tidak ada yang lebih relevan daripada bentuk. Otak manusia didesain untuk memahami dan menghafal bentuk. Ini adalah cara kita belajar sesuatu. Sebuah bentuk yang khas yang akan selalu kita ingat setelah melihatnya. Apakah Anda ingat bentuk logo Nike? Tanda McDonalds? Atau mungkin simbol Olimpiade?

Kita sering membuat perbedaan besar antara jenis dan merek, tetapi jika Anda berpikir tentang hal ini, kata hanyalah bentuk kita yang dapat kita kaitkan dengan makna dan suara. Ketika mendesain logo, Anda harus bekerja pada satu persatu huruf untuk mendapatkan detail yang terbaik. Mari kita lihat baik, yang buruk, dan jelek dari psikologi bentuk dalam desain logo.

4. Yang Bagus

fedex-logo-with-hidden-arrow

Ini adalah salah satu contoh terbaik dari penggunaan psikologi dalam desain logo. Apakah Anda dapat melihat panah dalam logo ini? Panah diciptakan oleh ruang negatif yang dibentuk oleh huruf “E” dan “X”.

Lindon Leader tahu persis apa yang dia lakukan dengan menambahkan panah tersembunyi di logo Fedex. Dalam sebuah wawancara dia mengatakan: “Saya pikir, jika saya bisa mengembangkan konsep ini dari panah itu bisa dipromosikan sebagai simbol untuk kecepatan dan presisi, FedEx merupakan atribut komunikatif.”

 5. Yang Buruk

pepsi-logo-with-alternative-version

Ini adalah kasus yang sangat menarik. Pepsi dibayar $ 1 juta untuk membuat desain logo baru, yang diciptakan oleh Arnell Group. Gambar di atas menunjukkan apa yang dipikirkan oleh Lawrence Yang ketika ia pertama kali melihat bentuk logo baru.
Kalau saja mereka berpikir tentang hal itu sebelumnya. Segala sesuatu digunakan untuk menciptakan makna, akan akhirnya, apakah Anda ingin menjadi atau tidak. Bahkan jika Anda membayar $ 1 juta untuk desain logo Anda, Anda dapat saja tidak aman. Namun berpikir tentang bentuk psikologi selama proses desain logo dapat menghemat sedikit harga diri.

 6. Yang Jelek

the-computer-doctors-logo

Saat Anda melihat logo diatas apa yang Anda pikirkan? Banyak orang yang positif mengatakn hal tersebut sebuah mouse. Tetapi, terkadang banyak pula yang melihatnya diluar estetika. Saat Anda merancang sebuah desain logo, Anda harus memperhatikan psikologi dalam desain logo tersebut, untuk menghindari bencana seperti ini. Jika Anda tidak berpikir tentang hal itu selama proses desain, Anda berhak untuk disalahartikan.

Setelah melihat beberapa contoh diatas, mari kita coba untuk melihat suatu kasus. Salah satu contoh terbaru dari penerapan psikologi untuk menambah nilai dalam desain logo, adalah logo Twitter yang baru. Versi baru disederhanakan, mengubah sedikit dan mengubah sudut pAndangnya. Sekarang Larry si burung, melihat ke atas, yang menunjukkan pertumbuhan, melihat ke masa depan yang cerah, sebagai IPO Twitter potensial harus terlihat, dan dalam bentuk yang lebih khas banyak, diberikan lebih berkesan.

old-and-new-twitter-logo

Tetapi, jika Anda perhatikan desain logo ini secara seksama, Anda yang berinteraksi dengan logo baru, pasti makna baru pun akan terbuat. Gizmodo, pembaca Ben Flores, menemukan arti baru untuk logo baru Twitter seperti gambar dibawah ini.

twitter-logo-and-sonic-variation

 

Original Post : http://blog.sribu.com

Leave a Reply