Vector dan Bitmap?

 

Hai sobat kelas desain kali ini saya akan menjelaskan tentang apa sih gambar vektor dan bitmap itu?

Yang pertama adalah Gambar vector atau bisa di bilang grafik vektor  merupakan gambar digital yang berbasiskan persamaan matematis. Gambar vektor ini terdiri dari penggabungan koordinat-koordinat titik menjadi garis atau kurva untuk kemudian menjadi sebuah obyek, sehingga gambar tidak menjadi pecah walaupup kita perbesar atau di perkecil.

Grafik dengan tipe vektor ini banyak digunakan dalam pembuatan disain teks dan logo. Kualitas hasil tampilan vektor tidak tergantung pada tinggi atau rendahnya resolusi grafik tersebut, artinya gambar vektor bisa diubah-ubah ke dalam ukuran sebesar apapaun tanpa menambah resolusi namun tamilan grafik tetap tajam. Di samping itu, grafik vektor juga tidak membutuhkan tempat penyimpanan yang besar sehingga penyimpanan tetap rendah.

Grafik vektor memiliki bentuk file dengan format eps,ai,svg,cdr atau sesuai dengan program aplikasi yang digunakan, contoh beberapa program aplikasi yang dapat di gunakan untuk membuat grafik vector adalah¬† freehand, corel draw, adobe illustrator, photoshop. Dan masih banyak lagi…

Dan ini adalah beberapa contoh gambar vektor:

 

poster

drope2 typo

Yang kedua adalah bitmap atau gambar pixel merupakan representasi dari citra grafis yang terdiri dari susunan titik yang tersimpan di memory komputer. Dikembangkan oleh microsoft dan nilai setiap titik diawali oleh satu bit data untuk gambar hitam putih, atau lebih untuk gambar berwarna.

Kerapatan titik-titik sebuah pixel dinamakan resolusi, yang menunjukan seberapa tajam gambar ini di tampilkan yang ditunjukkan dengan jumblah baris dan kolom, contoh 800×480.

Tampilan bitmap mampu menghasilkan kehalusan gradasi dan warna dari sebuah gambar seperti foto, lukisan, dan sejenisnya. Namun tipe ini memiliki kelemahan yaitu tergantung pada jumlah resolusi (pixel) yang biasanya ditentukan dengan satuan dpi (dot per inch). Setiap gambar sudah memiliki ketentuan jumlah resolusi (pixel) yang pasti. Artinya gambar dengan pixel tertentu akan nampak kurang detail atau pecah-pecah jika ukuran gambar tadi diperbesar atau resolusinya diperkecil dan format ini memerlukan ruang penyimpanan yang lebih besar dari pada tipe vector.

Gambar bitmap memiliki bentuk file dengan format bmp, gif, jpeg, png, tif, dll. Dan semua gambar yang di hasilkan melalui camera ataupun scanner memiliki format file ini dengan standar resolusi (pixel) hanya 72 dpi. Program aplikasi yang paling sering di gunakan untuk mengolah bitmap adalah adobe photoshop.

Beberapa contoh gambar bitmap:

article-2290202-15E0505F000005DC-975_634x330 Untitled d copy

 

Sekian dulu untuk penjelasan tentang vektor dan bitmap jika ada pertanyaan bisa tinggalkan komentar di bawah sini….