Mengikuti Seminar dan Workshop di MASJID FATHULLAH Kampus UIN Syarif Hidayatullah

0
201

20160306_124805

Pada wktu itu tangal 6 maret 2016 ada sebuah acara seminar dan workshop tentang layout dan typography kami satu kelas desain grafis betrangkat sekitar jam 07:00 wib, setelah sampai tujuan kami pun datang lebih awal daripada peserta yang lain sehinngga kami harus menunggu untuk memulai kegiatan seminar dan workshop tersebut.

Sebelum  jam sembilan para peserta mulai berdatangan dan kami mulai masuk ke Lt. 2 aula MASJID FATHULLAH, Kampus UIN Syarif Hidayatullah, setelah para peserta berkumpul di aula sang presenter mulai manyambut kami dan pembukaan acara tersebut di awali dengan membaca quran dari salah satu anggota dari penyelenggara acara.

Acara inti pun dimulai dengan perkenalan oleh sang pembicara yaitu Noor Udin Ung (Founder Indonesia Next Good Brand, Dosen DKV Universitas Bina Nusantara)  dan Arif psa (AIDIA, Asosiasi Profesional Desain Komunikasi Visual Indonesia, Dosen DKV Universitas Bina Nusantara) dan materi pun di awali oleh pak Noor Udin Ung yang biasa disebut pak Ung dia menjelaskan apa itu layout dan bagaimana agar kita bisa mengetahui mana layout yang biasa dan mana yang bagus dan menjelaskan bagaimana sebuah layout dapat di buat.

Di materi kedua pak Arif mulai berbicara tentang Tipography  dan mulai menampilkan contoh-contoh hasil karyanya, katanya dia sangat menyukai tentang medisain tulisan ini sehingga ketika berhadapan dengan komputer dia lupa akan sekitarnya karena keasikan dengan hasil karyanya.

Setelah menjelaskan berbagaimacam tentang typography kami mulai masuk di materi selanjutnya yaitu workshop, para peserta mulai menyiapkan kertas dan pensil ketika itu para peserta diberi tugas untuk membuat sebuah kata atau beberapa kata yang didesain dan kemudian akan di nilai oleh 2 pembicara tersebut, tugas tersebut berlangsung sekitar 5 menit kemudian di kumpulkan dan penjurian berlangsung setelah sholat duhur.

Penjurian pun dimulai ada beberapa peserta yang memang mahir dalam mendesain typography dan ada yang hanya idenya yang bagus tetapi kurang dalam hal mendesainnya dan ada juga yang unik dalam pembuatan desainnya. Beberapa karya yang dirasa menarik akan mendapat komentar ataupun saran jika karya tersebut belum bagus akan di beri solusi agar dapat membuatnya lebih baik lagi.

Penilaian karya adalah akhir dari acara seminar tersebut, sebelum kami meninggalkan acara kami tidak lupa untuk melakukan sesi foto di ruangan tersebut dan kemudian kami kembali menuju ke pusdiklat RGI.

 

Leave a Reply