ARTI WARNA DAN PSIKOLOGI WARNA

0
151

Arti Warna – Warna tidak hanya dikenal keindahannya saja, warna juga memiliki arti dan psikologinya, pengaruh dan kuatnya warna bahkan pernah diungkapkan oleh Darwis Triadi, seorang fotografer Indonesia dalam bukunya Color Vision: “Dengan warna kita bisa menciptakan suasana teduh dan damai. Dengan warna pula kita dapat menciptakan keberingasan dan kekacauan”. Adapun pernyataan tersebut berkaitan dengan konsep psikologi warna, yang kelak menjelaskan hubungan antara manusia dan cara mereka memersepsikan warna-warna di sekitar.

Secara umum warna dikategorikan menjadi 3 bagian, yaitu warna dasar atau Primer, Sekunder dan Tersier. Berikut tentang makna warna-warna tersebut

Google Image
Google Image

Merah : Warna merah adalah warna yang berani, kuat dan berenergi, warna ini juga memiliki gairah serta semangat, warna ini cocok untuk melambangkan perjuangan. Disisi negatifnya pengguna warna merah terlalu banyak cenderung menunjukkan sifat agresif dan menuntut.

Google Image
Google Image

 

Hijau : Warna hijau adalah warna kesegaran dan kesuburan, warna ini juga memiliki rasa kedamaian. Warna ini juga memiliki rasa keseimbangan, warna ini melambangkan kesembuhan atau kesehatan. Disisi lain warna ini juga mendorong perasaan empati.

Google Image
Google Image

Orange : Warna orange adalah warna yang hangat, ceria dan warna yang nyaman. Warna orange ini merupakan gabungan warna merah dan kuning yang menggabungkan kuat dan kehangatan. Sehingga membuat pengguna warna ini memberi rasa nyaman, namun sisi negatif warna orange ini bisa muncul dari penggunanya, frustasi, sembrono, dan ketidak dewasaan.

Google Image
Google Image

Kuning : Warna kuning adalah warna yang ceria memiliki rasa optimis dan berenergik, warna ini juga menimbulkan rasa bahagia. Dan warna ini juga bisa menarik perhatian. Namun sisi negatif pengguna warna ini adalah sikapnya yang berubah-ubahdan kurang dapat dipercaya. Warna ini juga menimbulkan rasa ketakutan, kerapuhan dan kecemasan.

Google Image
Google Image

Biru : Warna biru adalah warna yang stabil dan kecerdasan. Warna biru juga memiliki rasa percaya diri. Warna ini kadang sering kali digunakan didunia bisnis atau perusahan. Namun sisi negatif warna ini adalah sikap yang dingin, bangga diri dan tidak ramah.

Google Image
Google Image

Ungu : Warna ungu adalah warna yang memiliki rasa keakraban dan rasa aman.warna ungu ini memiliki keunikan tersendiri karena jarang ditemukan dialam. Warna ungu juga melambangkan pengharapan dan kepekaan. Namun sisi negatif warna ungu cenderung menampakan kesan kurang teliti dan penyendiri.

Google Image
Google Image

Hitam : Warna hitam adalah warna misterius karena warna ini memiliki kesan yang hampa. Namun terkadang warna hitam mampu menimbulkan kesan elegan. Disisi lain juga warna hitam melambangkan keberhentian hidup, kematian, duka dan kepunahan.

Google Image
Google Image

Putih : Warna putih adalah adalah warna yang bersih dan suci. Warna ini juga memiliki rasa kebebasan dan ringan. Dalam makna negatifnya warna putih bisa juga memiliki persaan yang dingin dan terlalu steril. Namun warna putih mampu memberikan efek keyakinan.

Google Image
Google Image

Coklat : Warna coklat adalah warna yang memiliki arti yang sama dengan warna ungu hanya saja warna coklat cenderung lebih mengesankan matang dan tua. Warna coklat juga menjadi simbol warna bumi yang sebanding dengan warna hijau sebagai alam. Namu negatif warna coklat dimaknai tidak berperasaan, kaku, berat malas dan pesimis.

Google Image
Google Image

Abu-abu : Warna abu-abu adalah warna yang menanpakkan keseriusan rasa tanggungjawab dan sifat kemandirian. Namun warna ini juga memiliki permaknaan abstrak, atau tidak jelas. Namun pengguna warna ini memiliki sifat stabil. Sisi negatif warna abu-abu dominan dengan kesan tidak komunikatif dan membosankan.

Nah, dari penjabaran warna-warna tersebut memiliki arti dan makna tersendiri, setiap warna memiliki filosofi dan potensinya masing-masing.

Terima Kasih 🙂

Leave a Reply